Risma Walikota Kembali Masuk Bursa Kabinet Jokowi Jilid 2, Ini Pandangan Pengamat

SURABAYA (Suarapubliknews) – Seperti sebelumnya, nama Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya kembali disebut-sebut masuk dalam bursa Kabinet Jokowi Jilid 2, yang ternyata dinilai ‘sangat layak’ oleh beberapa pengamat karena keberhasilan kinerjanya.

Pernyataan ini disampaikan Surochim Abdul Salam pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), yang mengatakan bahwa Risma Wali Kota sangat berpeluang mendapatkan jabatan politis setingkat menteri di kabinet Jokowi jilid 2.

Menurut Surochim, di jajaran kabinet Jokowi jilid 1 lalu, ternyata yang banyak mendapat apresiasi publik rata rata adalah para eksekutor lapangan dan para pekerja keras. Maka tipikal dan karakter ini ada di Risma Wali Kota.

“Menurut saya Bu Risma bisa masuk dalam kategori itu, karena beliau termasuk pejabat yangg bekerja keras, eksekutor lapangan dan tidak banyak omong. Saya pikir pak Jokowi akan relatif tertolong oleh kinerja menteri-menteri dengan tipikal itu,” ucapnya kepada media ini. Kamis (17/10/2019)

Secara politis, kata Surochim, peluang Risma Wali Kota di kabinet juga sangat terbuka karena saat ini masuk dalam jajaran pengurus DPP di PDIP. Dan jika masuk lewat skema penugasan PDIP maka kian mengukuhkan statusnya sebagai kader partai pilihan utama.

“Ditambah dengan pengalamannya sebagai Wali Kota, saya pikir jika beliau bisa mendapatkan kesempatan itu, maka Bu Risma akan kian bersinar di Jakarta. Artinya, naik kelasnya bisa lebih cepat dan akan terbuka peluang untuk jabatan publik lain di tingkat pusat,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Surochim juga menegaskan, jika kabar itu benar-benar terjadi dan kepercayaan itu diterima oleh yang bersangkutan (Risma-red), maka kesempatan untuk go nasional akan semakin kuat.

Hal senada juga dikatakan Suko Widodo pengamat politik Unair Surabaya, bahwa Risma Wali Kota dinilai telah layak menjadi tim kabinet Jokowi jilid 2, karena telah membuktikan kinerjanya yang bisa dirasakan masyarakat.

“Ini kunci utamanya. Soal kementerian apa? Terserah. Yang pasti punya kualitas sebagai seorang dirigen pembangunan. Beliau telah berhasil Surabaya sebagai kota berkelas dunia/ The world class city. Kekuatan lain, Bu Risma punya tingkat kepercayaan (trust) yang kuat di mata publik. Ini bisa menjadi modal sosial untuk support pak Jokowi,” pungkasnya. (q cox)

Surochim Abdul Salam dan Suko Widodo

 

Reply