Sebelum Pandemi Masuk Surabaya, Kartar Pagesangan dan LPMK Sudah Bentuk Satgas Covid-19

SURABAYA (Suarapubliknews) – Sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, warga di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya rupanya sudah jauh-jauh hari telah mengantisipasi hal tersebut. Mereka pun berinisiatif sendiri membentuk Satgas Covid-19 hingga menggalang dana dari para donatur untuk kemudian dibagikan ke warga terdampak.

“Kita dari awal corona sudah membentuk Satgas Covid-19 itu bersama LPMK dan Karang Taruna (Kartar). Dari situ kita mulai secara swadaya mengumpulkan dana dari donatur dan itu sebelum ada bantuan turun,” kata Muhammad Rizal, Ketua Karang Taruna Kelurahan Pagesangan Surabaya, Rabu (18/06/2020).

Rizal menyatakan, donasi yang dikumpulkan itu kemudian dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 di wilayah Kelurahan Pagesangan Surabaya. Khususnya warga yang terdampak secara ekonomi.

“Dampak yang kita utamakan adalah ekonomi, kita kumpulin dana itu sekitar Rp 22 juta dari warga dan didistribusikan kepada warga terdampak di wilayah Kelurahan Pagesangan,” katanya.

Selain membentuk Satgas Covid-19 dan menggalang dana dari para donatur, Rizal mengaku, Karang Taruna Pagesangan bersama LPMK juga membantu pemerintah memonitor warga di wilayahnya. Warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah tak luput dari perhatian mereka.

“Kita memonitor warga, seperti kemarin ada warga yang kena terus dikarantina (rumah). Rencana kita kasih vitamin tapi ternyata sudah dikasih vitamin dari pihak Puskesmas,” ungkap Rizal.

Tak hanya itu, Ketua Kartar Kelurahan Pagesangan ini juga menyatakan terus masif melakukan edukasi kepada warga terkait upaya dalam memutus mata rantai Covid-19. Upaya yang dilakukan itu pun dengan berbagai cara.

“Mulai imbauan area wajib masker, serta pasang banner. Yang kita lakukan sih hanya itu berupa imbauan dan edukasi kepada seluruh warga di wilayah Kelurahan Pagesangan,” tandasnya. (q cox, and)

Reply