Sinergikan Percepatan Pembangunan Desa, Pemkab Tanah Bumbu Gelar Rakor di Kecamtan Sungai Loban

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Bertempat di Kecamatan Sungai Loban, Bupati Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka sinergitas Percepatan Pembangunan Desa Tahun 2021. Selasa (07/09/2021).

Peserta rakor formasi lengkapkarena dihadiri Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah bersama Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, anggota DPRD, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, dan Tim Percepatan Pembangunan dan dikuti Kepala Desa di wilayah Kecamatan Sungai Loban sebanyak 17 orang.

Camat Sungai Loban, Rusdiansyah, dalam sambutannya mengatakan, jika pada akhir Agustus lalu pihaknya telah melaksanakan perubahan APBDes tahun 2021.

Perubahan itu berfokus kepada refocusing anggaran sebesar 8% untuk penanganan pandemi Covid 19, agar penggunaannya lebih efisien dan tepat sasaran dalam penanganan Covid 19.

Selanjutnya Camat Sungai Loban menambahkan, pihaknya juga melaksanakan pelatihan kepada relawan desa di Kecamatan Sungai Loban, tentang pemulasaran jenazah Covid 19 yang narasumber dari RSUD H. Andi Abdurrahman Noor.

Kegitan dilanjutkan dengan pemaparan beberapa usulan, diantaranya tentang sarana infrastruktur, permasalahan kesehatan, masalah pendidikan, masalah sosial oleh para Kepala Desa di Kecamatan Sungai Loban kepada Bupati Tanah Bumbu.

Bupati HM Zairullah Azhar, dalam sambutannya mengatakan, apa yang telah disampaikan oleh para kepala desa walau singkat tapi bisa dipahami dan rasakan.

“Banyak sekali dinamika yang terjadi, betapa luar biasa tentu perjuangan yang sudah lakukan oleh Kepala Desa. Suka dukanya itu tidak mudah. Ketika kita berhadapan dengan masyarakat dengan sejumlah saran dan usulan, tentu ada banyak perasaan, di satu sisi kita bersyukur bahwa kita diberi kepercayaan, tapi di sisi lain kita merasa was-was karena bingung bisa atau tidak kita menjawabnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pemerintah daerah mulai melakukan evaluasi maksimal dan koreksi total, sehingga saran atau usulan oleh kepala desa bisa diatasi dan perbaiki dan dicarikan solusinya.

“Betapa luar biasanya beban berat yang ditanggung oleh Kepala Desa, PKK, BPD dan semua tokoh yang ada di desa,” lanjutnya.

Desa adalah kata kunci, dan itu yang kemudian menjadi komitmen pemerintah daerah agar Tanah Bumbu maju yaitu membangun Kabupaten dengan membangun Desa.

“Desa menjadi fokus perhatian kita. Kalau Desa maju, Kecamatan maju, Kabupaten maju, Provinsi maju, Indonesia maju,” pungkas Zairullah. (q cox, Imran)

Reply