Taitra Kenalkan Wisata Halal Di Taiwan Expo 2019

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wisata halal saat ini menjadi magnet banyak negara untuk mengaet wisatawan muslim. Salah satunya yang ditawarkan Pemerintah Taiwan pada gelaran Taiwan Expo 2019 di Surabaya.

Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council (Taitra), Karen Pai mengatakan pada expo yang akan digelar pekan mendatang penawaran wisata halal dilakukan mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia.

“Karena itu, produk dan akomodasi bersertifikat halal serta tempat ibadah bagi muslim menjadi prioritas yang ditawarkan dalam pameran tersebut. Kami sediakan musala-musala seperti di airport dan beberapa tempat lainnya,” katanya.

Sekitar 217 produk dan akomodasi bersertifikat halal yang disediakan Pemerintah Taiwan. Rinciannya, 85 restoran, 89 hotel, sepuluh wisata perkebunan halal, 29 tempat penginapan halal, dan empat rumah makan halal atau halal kitchen.

Bukan hal yang mengejutkan jika Taiwan menginginkan warga negara Indonesia berduyun-duyun melancong ke sana. Potensinya memang besar. Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan Indonesia ke sana makin banyak. Berdasarkan data pada 2018 sebanyak 8000 orang (wisatawan Indonesia).

Paket wisata halal tersebut nantinya akan dipresentasikan secara rinci dalam Taiwan Expo yang akan diadakan di Grand City Convex Surabaya, Jawa Timur, pada 26-28 September 2019 mendatang. Itu adalah tahun kedua setelah tahun lalu digelar di Jakarta.

Acara ini mengundang 180 exhibitor dari Taiwan dan menampilkan 190 booth. Taiwan EXPO menghadirkan enam industri utama, termasuk di dalamnya teknologi pintar, pendidikan budaya dan pariwisata, perawatan kesehatan, makanan halal Taiwan, teknologi pertanian, dan gaya hidup Taiwan.

Deputi Chairman of teh Field of International Cooperation (Kadin Surabaya) Charly Raya menambahkan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya sangat mendukung dan memfasilitasi Taiwan Expo 2019 Surabaya.

“Bila perlu kami juga akan berkoordinasi dengan Kadin NTT supaya Taiwan Expo ini bisa merambah ke Indonesia bagian timur,” tambahnya. (q cox, Tama Dinie)

Reply