Nasional

Tali Bendera Macet, Muspika Batulicin Rebahkan Tiang (Video)

16
×

Tali Bendera Macet, Muspika Batulicin Rebahkan Tiang (Video)

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Upacara penurunan bendera di Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan (Kalsel), sempat diwarnai insiden macetnya tali bendera. Jum’at (17/8/2018) lalu.

Saat upacara penurunan bendera berlangsung dengan kumandang lagu kebangsaan, beberapa saat kemudian tali tersangkut dan macet tak bisa bergerak. Bahkan sampai lagu Indonesia Raya berakhir, bendera masih tetap berkibar.

Kejadian ini membuat panik Pasukan pengibar bendera (Paskibra), karena tidak bisa berbuat apapun dan lanjutan prosesi upacara terhenti.

Maka, saat itu pula Dan Ramil dan anggotanya, Kapolsek serta Camat Batulicin terpaksa turun tangan.

Sayangnya, perbaikan tali bendera yang tersangkut tetap tidak bisa dilakukan, karena sambungan tali tersangkut lubang di atas tiang.

Sehingga dengan terpaksa tiang bendera direbahkan, agar bisa melakukan perbaikan posisi sambungan tali bendera yang tersangkut, dan prosesi upacara penurunan bendera dilanjutkan.

Ketika Paskibra akan kembali melaksanakan tugasnya, sampai bendera diserahkan ke Inspektur upacara oleh petugas pembawa bendera.

Peserta upacara dan masyarakat yang menyaksikan menyambutnya dengan tepuk tangan yang meriah.

Camat Batulicin Sulhadi ,SIP. ketika dikonfirmasi mengatakan hal tersebut adalah hal yang biasa terjadi disetiap kegiatan upacara 17 Agustus.

“Ada tali yang putus atau macet atau mandeg semuanya hal yang biasa terjadi, dan ini harus dilakukan secara bertahap yang penting bendera bisa diturunkan,” beber Camat Batulicin.

Disinggung penyebabnya, Camat mengatakan karena kesalahan teknis pada tali pengikat bendera. “Yang penting upacaranya telah selesai dan berhasil. Itu hal yang biasa terjadi,” tuturnya.

Terkait tepuk tangan disaat proses upacara penurun Bendera camat menandaskan, “Itu karena antusias mereka memberikan semangat kepada Paskibraka agar dapat menyelesaikan tugasnya sampai selesai,” tandasnya.

Pada upacara penurunan bendera tersebut Komandan upacara Bripka Agus Tricahyo dan Inpektur Upacara Koramil Batulicin. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *