Terdampak Pandemi, Rotary Bersama Forum Pemberdayaan Perempuan Latih Ibu-Ibu Menyulam

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan kepada masyarakat. Berbagai upaya dilakukan masyarakat terdampak untuk bisa bangkit dan memanfaatkan peluang bisnis.

President Rotary Club Surabaya Kaliasin, Dwi Santi R mengatakan guna memberikan bekal ilmu dan kreativitas masyarakat khususnya kaum perempuan, Rotary D3420 area Jawa Timur (6, 7, 8, 9, 10) bersama Forum Pemberdayaan Perempuan Jawa Timur serta didukung oleh Rumah Kreatif BUMN, mengadakan kegiatan dengan tema ‘Perempuan Cerdas’ dengan menggelar pelatihan menyulam.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung dan mendorong ekonomi para ibu-ibu yang terdampak pandemi Covid-19. Kami bersyukur hari ini kami bisa menggelar training sulam dengan peserta 15 orang bekerja sama dengan Rumah Kreatif BUMN,” katanya.

Dalam kesempatan ini Ia memberi semangat kepada peserta dengan membahas peran perempuan dan UMKM sebagai unsur penting penggerak ekonomi di masa pandemi.

“Kami terenyuh melihat semangat dan antusias para ibu-ibu peserta. Dari pelatihan ini, harapan kami mereka nantinya juga akan bisa menjadi trainer untuk masyarakat atau komunitas di sekitarnya,” ungkap Santi yang juga berprofesi sebagai bankir ini.

Kegiatan pelatihan tersebut akan berlangsung selama setahun, tentu dengan dibarengi program pendampingan hingga peserta benar-benar bisa mandiri.

Perwakilan Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia Trusti Judiarto mengatakan pelatihan ini akan memberikan pengetahuan tambahan dan pengalaman baru bagi masyarakat khususnya ibu-ibu yang terdampak pandemi.

“Pelatihan ini diharapkan bisa memberi nilai tambah bagi sebuah produk, seperti diaplikasikan pada goodie bag dengan sulam dan perca yang dibuat para peserta,” katanya.

Setelah dilakukan pelatihan tersebut, pihak Rotary akan terus memantau hasil dari pelatihan menyulam tersebut dan produknya akan dipromosikan oleh Rotary, sehingga produk yang dihasilkan dapat bernilai ekonomi yang tinggi.

Di tempat yang sama, Deputy District Governour Rotary yang membawahi area Jatim, Yetty Sutan Siregar menuturkan, program ini menjadi komitmen bagi Rotary sebagai klub kemanusiaan.

“Salah satu komitmen dari salah satu fokus pelayanan Rotary Growing Local Economy yaitu membangun pertumbuhan ekonomi dan menciptakan peluang kerja yang layak dengan pemberikan pelatihan dan peningkatan skill khususnya terhadap perempuan,” ungkapnya.

Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peluang wirausaha bagi para perempuan terdampak pandemi sekaligus Rotary akan membantu untuk mempromosikan produk-produk hasil pelatihan ini.

Untuk diketahui, di masa pandemi yang berlangsung lebih dari setahun di Tanah Air ini, sudah banyak kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Rotary, diantaranya pengabdian masyarakat, kesehatan ibu dan anak, pengembangan ekonomi perempuan, dukungan kepada para tenaga kesehatan dan relawan Covid-19, pendidikan, hingga donor darah konvalesen.

“Dan pada September 2021 ini, Rotary Club Surabaya Kaliasin juga akan menggelar webinar mengenai perempuan milenial yang dapat mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Sehingga diharapkan bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat terdampak pandemi,” pungkas Santi. (q cox, tama dinie)

Reply