Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak, Pemkab Tanbu Dorong Pergerakan Masyarakat dan Pelaksanaan Posyandu

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan setempat menggelar pertemuan koordinasi dan sosialisasi dalam rangka Peningkatan Dukungan Mitra Pergerakan Masyarakat dan Pelaksanaan Posyandu. Acara berlangsung di Gedung Sekretariat TP PKK, Kecamatan Simpang Empat. Kamis (08/09/2022).

Kegiatan terlaksana atas kerjasama, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Tim Posyandu Pokjanal Kabupaten, lintas sektor dan lintas program terkait.

Sementara itu paparan dari Pejabat Penyuluh Kesehatan Masyarakat, Retno Tri Rahmawati, menyampaikan jika pertemuan ini merupakan upaya dalam peningkatan pembinaan dan capaian posyandu aktif serta peningkatan strata membangun posyandu. Kegiatan telah dihadiri kurang lebih ada 50 peserta.

Lanjutnya, penguatan posyandu dilakukan untuk menjalin jejaring kemitraan serta memantapkan koordinasi lintas program dan lintas sektor, dalam mensukseskan pelaksanakan posyandu terintegrasi.

“Hal ini sebagai upaya mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa,”ungkapnya.

HM Zairullah Azhar, melalui Kepala Bidang Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Zainal Husni menyampaikan, bahwa Posyandu dinilai kondisi sudah cukup baik dalam perjalannya selama ini, namun masih perlu peningkatan, sesuai tema penguatan lintas sektor dan lintas program posyandu (penguatan sistem posyandu) terintegrasi.

“Dalam memperoleh pelayanan kesehatan, terutama untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi, oleh karenanya koordinasi dan sosialisasi ini, penting dilakukan dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia, agar dapat mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya stunting.,”katanya saat membuka acara.

Bupati Tanbu dalam kesempatannya berpesan, agar peserta bisa mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bumi Bersujud.

“Kedepan nanti kita diharapkan lebih banyak berkontribusi, koordinasi dan partisipasi, sehingga posyandu menjadi kebutuhan kita semua,” ujar Zainal.

Narasumber kegiatan, Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Prov Kalsel, Abdul Basith
memberi pemaparan tentang posyandu sebagai wadah masyarakat, pentingnya penguatan posyandu, pemberdayaan dari masyarakat maupun pembinanannya, melalui kelompok kerja (pokjanal) dari provinsi hingga kecamatan.

“Kita menggerakkan masyarakat dalam posyandu, demi meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak,” pungkasnya.

Dewasa kini, wacana Pemerintah memajukan posyandu yang terintergrasi atau posyandu prima, yang merupakan siklus kehidupan satu wadah.

Kegiatan turut mengundang, Ketua TP PKK, Tim Pokjanal Posyandu Kabupaten, Kementerian Agama, Pejabat Penyuluh dan Pengelola Program Posyandu, seluruh SKPD, Puskesmas Tanbu serta unsur terkait lainnya. (q cox, Imran )

Reply