Pemerintahan

Tingkatkan Literasi Anak, Pemkot Surabaya Buat Pertunjukkan Dongeng di Tiap RW

6
×

Tingkatkan Literasi Anak, Pemkot Surabaya Buat Pertunjukkan Dongeng di Tiap RW

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Dalam rangka menyambut Hari Dongeng Nasional yang jatuh pada 28 November 2021 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengajak anak-anak di Kota Surabaya untuk meningkatkan literasi, dengan cara mulai gemar menulis dan membaca.  Salah satunya dengan cara mendongeng.

Pemkot Surabaya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, menggelar Festival Dongeng Surabaya, sekaligus peluncuran buku Ragam Indonesia dan Gerakan Seribu Mendongeng Karya Arek Suroboyo (Gendis Sewu Karso). Kegiatan ini berlangsung di BG Junction Lantai 2, Ruangan L2 Multifunction Star, Sabtu (20/11/2021).

Saat kedatangan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, langsung disambut dengan penampilan teatrikal dan flashmob. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan tarian ajakan membaca, dan penampilan dongeng, oleh Dispusip Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengaku sangat bangga dengan penampilan dari para talenta anak-anak di Kota Surabaya. Menurutnya, ajakan meningkatkan literasi pada anak, melalui penampilan dongeng, bisa membantu membudayakan kegiatan membaca dan menulis dikalangan masyarakat.

“Bayangkan, kalau ini disampaikan kepada anak-anak di Kota Surabaya, dengan cara didongengkan, ini akan lebih cepat dipahami dan meningkatkan literasi anak,” ungkap Wali Kota Eri.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri menyampaikan, pihaknya akan membuat penampilan dongeng disetiap Balai RW di Kota Surabaya. Menurutnya, Kota Surabaya sudah memiliki banyak talenta hebat dari bibit-bibit penulis dan pendongeng. Maka akan mempermudah untuk menambah literasi anak-anak di setiap kampung.

“Jadi nanti disetiap Balai RW akan diagendakan untuk Sabtu dan Minggu, jadi anak-anak sekitar kampung itu bisa berkumpul dan bisa saling berkenalan, sosialisasi, dan muncul keberanian untuk mudah berkomunikasi,” ujar Wali Kota Eri.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya menerangkan, bahwa pertunjukan dongeng yang nantinya akan digelar secara rutin tersebut, bisa menjadi kekuatan Kota Surabaya untuk menciptakan para pemimpin yang hebat. Ini diawali dari keberanian anak-anak untuk tampil kepada masyarakat umum.

“Inilah waktunya kita membiasakan untuk membaca, kalau Surabaya ingin menjadi kota literasi yang hebat, anak-anak ini akan tampil di seluruh Balai RW dengan mendongeng, saya yakin Surabaya pasti berubah dan kehebatan anak-anak ini tadi bisa tertular di seluruh wilayah di Kota Surabaya,” terang dia.

Selain itu, Wali Kota Eri juga mengajak seluruh masyarakat Kota Surabaya untuk ikut serta, membuat Kota Surabaya, menjadi kota yang aman dan nyaman terhadap anak-anak. Sebab, ia menginginkan seluruh anak-anak di Kota Surabaya, bisa terlibat dan mengisi semua kegiatan.

“Ini awal perjuangan kita, tidak boleh menyerah untuk menciptakan orang hebat di Kota Surabaya di masa depan. Hari ini kita canangkan Surabaya sebagai kota literasi dan memiliki para penulis dan para pendongeng yang hebat,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua TP Penggerak PKK Kota Surabaya sekaligus menjabat sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Surabaya, Rini Indriyani menyampaikan, untuk peran dari PKK dan Bunda Paud nantinya, akan membiasakan diri untuk mendongeng kepada anak-anak Posyandu.

“Kami ada Posyandu, dalam sebulan akan mengadakan pertemuan untuk bercerita kepada anak-anak. Konsep bercerita ini akan kita ambil dari konsep dongeng, yang terdapat unsur bermain dan bernyanyi,” ungkap Rini Indriyani.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi menerangkan, Festival Dongeng Surabaya merupakan festival yang rutin digelar setiap tahun. Melalui acara tersebut, ia berharap bisa menambah semangat literasi dan inspirasi untuk Kota Surabaya.

“Kita juga luncurkan beberapa buku, hasil tulisan dari bibit-bibit penulis Kota Surabaya, ada beberapa buku, serta CD yang  kita luncurkan. Korelasi menulis dengan perpustakaan adalah membudayakan membaca pada aktivitas masyarakat. Semakin masyarakat Surabaya banyak membaca, semakin luas wawasannya,” terang Musdiq sapaan lekatnya.

Musdiq menjelaskan, bahwa Festival Dongeng Surabaya adalah puncak acara Gendis Sewu Kota Surabaya. Hasilnya, terdapat 41 hasil karya Gendis Sewu berupa Antologi Cerpen, Novel, Puisi, Vlogetry dan Vlog Story, CD Video Mendongeng dan Video Kegiatan Mengatasi Perekonomian melalui Produk Prakarya untuk Cegah Stunting.

“Genre dan tema antara lain Roman Historis Surabaya, Kearifan Lokal Surabaya, Strategi Ubah Perilaku untuk Cegah Stunting, Bangga UMKM Surabaya. Terkait dengan pelaksanaan ini, semoga menjadi ajang eksplorasi masing-masing anak. Semoga banyak lagi bibit penulis dan pendongeng yang akan berkreasi untuk Kota Surabaya,” pungkasnya.

Tak hanya itu saja, dalam kegiatan acara Festival Dongeng Surabaya juga terdapat Penandatanganan Mokup Peluncuran Buku Ragam Indonesia dari Kumpul Dongeng dan Hasil Karya Gendis Sewu Karso Dispusip, Penyerahan Medali, sertifikat dan souvenir secara simbolis oleh Wali Kota Eri  kepada 7 perwakilan  bibit Gendis Sewu Karso Dispusip, Penyerahan Bantuan Buku dari Penerbit Elex Media Komputindo untuk Perpustakaan PKK Kota Surabaya.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Paket Buku dan Mainan Tradisional dari Kumpul Dongeng untuk Walikota Surabaya dan Ketua TP PKK Kota Surabaya, Penyerahan Hasil Karya Gendis Sewu dan Kompilasi Kegiatan Mengatasi Perekonomian dengan Produk Prakarya untuk Cegah Stunting Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Surabaya untuk Walikota Surabaya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *