Jatim Raya

TP-PKK Jatim Gelar 1.500 Rapid Test Masal Gratis bagi Warga Malang

18
×

TP-PKK Jatim Gelar 1.500 Rapid Test Masal Gratis bagi Warga Malang

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) –  Tim Penggerak (TP) PKK Jatim menggelar 1.500 Rapid Test Masal gratis bagi anggota PKK dan warga Kota Malang di Gedung Kartini. Acara diselenggarakan berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Pemkot Malang.

Ketua TP-PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak mengatakan tujuan diselenggarakannya Rapid Test Masal ini untuk mendukung langkah pemerintah dalam pemetaan kondisi warga di masa pandemi Covid-19.

“Hari ini kurang lebih ada 1.500 Rapid Test yang kami berikan untuk seluruh TP-PKK, organisasi wanita bahkan masyarakat umum dengan harapan bisa membantu kami dan Kemenkes untuk memberikan pemetaan sampai sejauh mana kondisi Covid-19 di masing-masing kota,” katanya.

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ini juga berpesan agar ibu-ibu PKK bisa meningkatkan kepedulian lingkungannya. Termasuk agar mereka bisa ikut mengedukasi masyarakat akan bahayanya virus corona (Covid-19). “Corona ini bukan aib. Corona ini adalah musuh kita Bersama,” tutur Arumi.

Arumi pun mengingatkan tentang tiga hal penting yang menjadi perhatian anggota PKK. Pertama, bersama-sama mengontrol kondisi pasien, baik yang sedang melakukan isolasi mandiri atau dalam perawatan rumah sakit.

Kedua, memantau kondisi keluarga pasien. Dan ketiga, merespon bagaimana masyarakat di sekitar pasien. “Tugas dari PKK disini adalah memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak ada lagi kasus pengucilan oleh masyarakat kepada pasien Covid-19 dan keluarganya,” jelasnya.

Tak hanya disitu saja, tugas PKK selanjutnya adalah memastikan agar pasien dan keluarganya bisa kembali bertegur sapa dengan masyarakat seperti sedia kala. “Kalau bisa kita sama-sama tidak mengucilkan. Rasa kaget itu wajar, tapi harapannya tidak akan menjadi bahan kucilan atau bully-an,” pesan Ketua Dekranasda Jatim itu.

Sementara itu, Walikota Malang Sutiaji menyampaikan dukungannya terhadap usaha TP-PKK Jatim dan Kemenkes RI dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19. Menurut Sutiaji, langkah itu menunjukkan bukti nyata kerjasama pentahelix di Kota Malang. “Komunitasnya jalan, pengusaha juga menjalin kolaborasi dengan kita semua, dan ini salah satu upaya kita,” tutur Sutiaji.

Dirinya pun menyampaikan akan keberhasilan pencegahan pandemi Covid-19 di wilayahnya. Karena garda terdepan keberhasilannya berada pada masyarakat. Sehingga, kedisiplinan masyarakat menjadi suatu keharusan.

“Saya berterima kasih kepada Ibu Arumi dan Kemenkes. Saya berharap, semoga kolaborasi ini bisa ditindaklanjuti ke langkah yang lebih konkret dan sustainable lagi kedepannya.  (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *