Wabup dan Sekda Tanbu Minta Musrenbang Harus Berdampak Positip, Bukan Seremonial Belaka

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) -Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem berharap Musrenbang bisa lebih baik dari sebelumnya, kerena merupakan forum musyawarah tahunan yang melibatkan pemangku kepentingan dan stakeholder.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem saat memberikan sambutan pada Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 untuk tahun rencana tahun 2020 di Mahligai Bersujud, Jumat (05/04/2019).

Esensi kegiatan ini, sambungnya, dalam rangka mematangkan rencangan kerja pembangunan daerah yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh rancangan kerja SKPD.

“Saat ini sudah kita lakukan mulai Musrebang Kecamatan yang kemudia diakumulasi menjadi Musrenbang Kabupaten,” kata
H. Rooswandi Salem

Menurut dia, pola Musenbang yang sedang dilakukan harus memberikan dampak positif dan lebih terarah, karena bukan hanya kegiatan seremonial atau kegiatan yang hanya memberikan output dokumen belaka.

“Disini kita harus mampu memanfaatkan forum ini untuk menjadi sebuah forum yang bisa menghasilkan sebuah tujuan dari pembangunan daerah itu sendiri,” jelasnya.

“Tahun ini kita harus melakukan Musrenbang dengan pola berbeda, dimana Musrenbang Kecamatan kita akan mengambil sebuah aspirasi dari desa yang dirangkum dan akan disesuaikan dengan rencana kerja seluruh SKPD,”tandasnya.

Dia menambahkan, tak berapa lama lagi visi misi Bupati akan berakhir di tahun 2021. Dengan itu para Pimpinan SKPD turut diingatkan bahwa waktu optimal hanya tahun 2020 dalam rangka mengejar visi dan misi tersebut.

“Kita melihat, masih banyak tuntutan masyarakat yang belum sepenuhnya difasilitasi. Maka itu, berbicara keinginan semua ingin kita selesaikan, mudah mudahan seiring tahun akhir itu bisa terselesaikan,” tutupnya.

Dikesempatan itu Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo menegaskan kepada SKPD, bahwa setiap perencanaan harus bersandar pada kebutuhan masyarakat, bukan pada keinginan.

“Setiap perencanaan kebutuhan masyarakat harus kita hitung secara cermat kerena pada dasarnya tujuan sebenarnya harus lebih mengutamakan masyarakat,” kata Wabup saat membuka Musrenbang RKPD.

Kegiatan Musrenbang RKPD ini dihadiri seluruh Kepala SKPD Pemkab Tanbu, sejumlah Camat dan Kepala Desa se Tanbu serta Perwakilan Bappeda Propinsi Kalsel. (q cox, Imran)

Reply