Wagub Emil Ajak Madrasah Tingkatkan Penguatan Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Milenial

GRESIK (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak jajaran Alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Falah Gresik meningkatkan peran Madrasah dalam memberikan penguatan pendidikan akhlak bagi generasi milenial.

Ajakan tersebut disampaikan Wagub Emil Dardak, juga bertepatan dengan momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dimana keteladanan intelektual Rasullullah harus bisa dijadikan pedoman sebagai _Superhero_ di era modern.

“Seorang Superhero hari ini ditentukan dari kemampuan intelektualnya. Tapi kemampuan intelektual yang tidak disertai dengan hati nurani maka akan menjadi supervillain,” ungkapnya saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Harlah MI Alfalah Sembayat ke 69 di Halaman Masjid Istikmal Sembayat, Gresik pada Minggu (23/10).

Wagub Emil melanjutkan, generasi muda di era saat ini dirasa menjadi yang paling pas dijadikan andalan sekaligus tulang punggung pemerintah dalam pembangunan di masa depan. Utamanya di masa-masa penuh disrupsi atau perubahan yang serba cepat.

Namun, dirinya juga menegaskan, perkembangan tersebut tidak lepas dari dampak negatif yang juga bisa berbahaya. Oleh sebab itu, peran pendidikan seperti MI ini menjadi amat penting dalam menjaga akhlak para pemuda.

“Inilah kita harus bersyukur menjadi umat Nabi Muhammad SAW karena telah mengantar kita ke zaman yang lebih maju dan relevan. Kita berdakwah, berjuang dengan didasari ilmu. Jangan sampai kita salah arah. Kita tidak lagi mencetak generasi yang hapal buku, pendidikan moral atau akhlak sangatlah penting,” tegasnya.

Dirinya menekankan bahwa sepatutnya bersama-sama masyarakat dan tenaga pengajar juga mendukung bahwa generasi muda sekarang bukanlah gampang bosan, tetapi kreatif. Bukan juga tidak sabaran, melainkan cekatan.

Lokasi MI Al Falah yang juga tidak jauh dari Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) JIIPE Gresik, dinilai sangat strategis. Keberadaan pendidikan Madrasah yang tidak jauh dari lokasi pembangunan industri disebutnya bisa menjadi penyeimbang antara ilmu pengetahuan dan pendidikan karakter.

“Di dekat madrasah ini tengah dibangun Kawasan Industri JIIPE Gresik. Insya Allah Manyar dan Sembayat akan maju, sehingga harus kita siapkan ilmunya bahkan juga akhlaknya. Akhlak ini jangan sampai luntur walaupun ada perkembangan ekonomi,” pungkas Wagub Emil. (Q cox, tama dini)

Reply