Wali Kota Risma Usulkan Pembangunan Akses Jalan Baru Menuju Stadion GBT ke Kementerian PUPR

SURABAYA (Suarapubliknews) – Setelah mengunjungi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengunjungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI, Kamis (06/08/2020). Di sana, dia mengajukan permohonan pembangunan akses jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Wali Kota Risma mengatakan, bahwa di tahun 2021 Surabaya akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Karenanya, untuk mendukung even itu, pihaknya ingin ada akses jalan lain menuju Stadion GBT. “Kita tahun 2021 akan jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Nah, kita ada pembangunan rencana jalan. Jadi yang jalan eksisting ke stadion (GBT) itu sudah kita bangun, ke stadion utamanya,” kata dia.

Maka dari itu, pihaknya mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk rencana pembangunan akses jalan baru tersebut. Meski akses jalan lain menuju Stadion GBT sudah dikerjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, serta pihak pengembang. “Tapi kita membuat jalan baru untuk mendukung ini. Karena itu kami mengusulkan ke Pak Menteri PUPR untuk sebagian,” ungkap dia.

Menurutnya, rencana pembangunan jalan baru tersebut tak hanya bertujuan untuk mendukung akses menuju Stadion GBT. Jika nantinya terealisasi, jalan baru itu juga dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong.

“Kalau itu bisa direalisasi, sebetulnya bukan hanya Stadion GBT yang kena, tapi TPA Benowo dan Pelabuhan Teluk Lamong yang baru juga bisa terlayani,” ujarnya.

Apalagi, Wali Kota Risma mengungkapkan, di tahun 2020 ini pembangunan PLTSa di TPA Benowo yang mampu menghasilkan energi listrik dengan kapasitas 11 megawatt sudah rampung. “Insya Allah tahun ini TPA kita sudah jadi dan menghasilkan listrik 11 megawatt. Kita usulkan ke Pak Presiden agar (TPA) bisa diresmikan beliau,” papar dia.

Progres pembangunannya sendiri, saat ini tinggal menunggu komisioning atau pengujian. Meski sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19, namun untuk pembangunan fisik TPA Benowo telah rampung 100 persen. “Ini tinggal tunggu komisioning aja, karena sempat tertunda ada Covid-19. Ini sudah 100 persen fisik, tinggal komisioning (pengujian) untuk runningnya,” jelasnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini berharap, rencana pembangunan akses jalan baru menuju Stadion GBT itu bisa rampung sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 tahun 2021. “Harapannya (selesai) sebelum pertandingan U-20 2021,” pungkasnya. (q cox)

 

Reply