Di Jawa Timur, PDIP: Pilih Gubernur Karena Pengalaman

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – PDI Perjuangan (PDIP) menilai  masyarakat Jawa Timur telah memiliki pertimbangan matang dalam memilih calon gubernur dan calon wakil gubernur. Yang utama, karena pengalaman calon.

Itu disampaikan Bambang DH, Ketua DPP PDIP, menanggapi survei Indo Barometer. “Pertama, paling tinggi 18,4 persen warga Jawa Timur memilih kandidat karena pengalaman,” kata Bambang di Surabaya, Kamis (5/4/2018).

Bambang DH adalah penanggap yang diundang Indo Barometer, dalam diskusi tentang hasil survei tersebut, di Jakarta Selasa lalu. Penanggap satunya Wakil Sekjen DPP Partai Golkar M. Sarmuji

Faktor kedua, kata Bambang DH, memilih karena kinerja kandidat bagus 10,3 persen. “Ketiga, memilih pasangan calon karena dekat rakyat, sebesar 9,0 persen,” kata Bambang mengutip IndoBarometer.

PDIP berkoalisi dengan PKB, Gerindra dan PKS, mengusung Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno, nomor 2.

Dalam survei Indo Barometer, keterpilihan  Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno mencapai 45,2 persen. Dan, elektabilitas Khofifah-Emil Dardak  39,5 persen. Gus Ipul-Puti Guntur unggul dengan selisih 5,7 persen.

“Kami menilai, tiga pertimbangan penting pemilih itu ada pada pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. Menjelaskan juga, mengapa pasangan itu mendapat elektabilitas lebih tinggi dari lainnya,” kata Bambang DH.

Gus Ipul pernah menjadi Ketua Umum GP Ansor, Sekjen DPP PKB, menteri Presiden SBY, dua periode Wakil Gubernur dan mendampingi Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo, 2008-2018. Sekarang, Gus Ipul juga menjabat Ketua PBNU.

“Dua periode menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur, mendampingi Gubernur Soekarwo, tentu Gus Ipul sangat diingat dan dinilai masyarakat Jawa Timur. Dan, alhamdullilah persepsi warga masyarakat sangat positif,” kata Bambang DH.

Di survei Indo Barometer, rakyat Jawa Timur mengaku puas dengan kinerja Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur dua periode. “Tinggi sekali kepuasan masyarakat, 76,5 persen,” kata Bambang DH.

Di pihak lain, Puti Guntur Seokarno memiliki pengalaman 2 kali anggota DPR RI. Bertugas di Komisi X bidang pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga, pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Di survei Indo Barometer, Mbak Puti dikenal cucu Bung Karno. Kemudian 71,9 persen memilih Mbak Puti karena jujur. Sebesar 100 persen karena sama-sama perempuan,” kata Bambang DH.

Berikutnya, kata dia, sebesar 80,0 persen responden menilai Puti Guntur Soekarno sebagai pemimpin yang merakyat atau dekat dengan rakyat. “Kemudian 66,7 persen responden memilih karena suka dengan figurnya,” kata Bambang DH. (q cox)

Reply