Dinkes Kota Kediri Gelar Seminar Soal Kanker Serviks dan Payudara

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat soal bahaya kanker dan gaya hidup sehat, Dinas Kesehatan Kota Kediri mengadakan Seminar Populer Kesehatan tentang Kanker Serviks dan Kanker Payudara..

Acara ini diikuti oleh 320 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan tenaga kesehatan bergender perempuan. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan dr. Fauzan Adima, dua narasumber, perwakilan dari YKI, dan PKK.

uniknya, semua peserta seminar menggunakan kebaya sehingga nampak cantik nan anggun. Mereka menggunakan kebaya dalam rangka memperingati Hari Kartini yang tepat jatuh pada hari ini 21 April 2018. Selain itu, seminar ini juga dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari lalu.

Bertempat di Lotus Garden, Seminar Populer Kesehatan ini bertemakan Tolak Kanker, Ayo Cegah Kanker dengan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini. Dengan dua narasumber dr.Donny Irawan, Sp.OG, M.Kes dan Dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med (ECU) dari RSUD Dr.Soetamo Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr.Fauzan Adima, mengatakan bahwa adanya seminar ini di latar belakangi oleh meningkatnya jumlah kematian yang disebabkan penyakit tidak menular seperti jantung, gagal ginjal, termasuk juga kanker. Sehingga penting memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan penyakit kanker salah satunya dengan pola hidup sehat.

“Kanker serviks dan payudara salah satu penyakit kanker yang banyak ditakuti wanita. Namun hal itu sebenarnya bisa diantisipasi dengan mengenali gejalanya, penyebab, dan cara pencegahannya,” Ujar dr.Fauzan, Sabtu (21/4/2018)

Dalam seminar ini diberikan bingkisan untuk para survivor kanker agar lebih semangat menjalani pengobatan. Ada juga pemeriksaan gratis untuk para peserta seminar meliputi cek kadar gula, kolesterol. Acara semakin meriah dengan adanya pembagian doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan panitia. (q cox, Iwan)

Reply