Greg Dikartu Merah, Madura United Ditaklukkan Persebaya

MADURA (Suarapubliknews) – Duel seru derby Suramadu antara Madura United versus Persebaya menjadi milik tim tamu. Skuad Aji Santoso mengalahkan tim tuan rumah dengan skor tipis 2-3, Senin (2/12) malam pada pekan ke-30 Shopee Liga 1 2019.

Gol Madura United diciptakan oleh Rakic menit ke-53 dan Goncalves menit ke-60. Sedangkan gol Persebaya diciptakan oleh David da Silva menit ke-15 dan 83. Sedangkan gol kemenangan baru tercipta di menit akhir melalui sepakan kaki kanan Irfan Jaya menit ke-88.

Pertandingan berlangsung sangat menarik. Kedua tim bermain terbuka dan saling jual beli serangan. Bahkan di menit-menit awal sejak kick off, beberapa peluang telah tercipta.

Di antaranya peluang Madura United diperoleh Diego Assis. Namun tendangannya mampu diamankan dengan baik oleh kiper Persebaya Miswar Saputra.

Beberapa menit kemudian, giliran Persebaya memberikan ancaman melalui tendangan bebas Diogo Campos. Namun kiper Madura United Muhammad Ridho juga mampu mengamankan bola.

Setelah saling menciptakan peluang, Persebaya unggul lebih dulu melalui David da Silva. Memanfaatkan kesalahan Alfath Faathier di pertahanan sendiri, Rendi Irwan mencuri bola.

Ia lantas menggiring bola masuk ke kotak penalti dan menendangnya. Bola masih mampu ditepis Muhammad Ridho. Tetapi bola liar menuju ke David da Silva yang berdiri bebas.

Pemain asal Brasil ini pun menyontek bola dan gol meski berusaha dihadang Muhammad Ridho kembali. Skor 0-1 ini bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Laskar Sappe Kerrab, julukan Madura United, bangkit. Terbukti, dua gol diciptakan melalui Rakic menit ke-53 dan Goncalves menit ke-60.

Gol Goncalves sendiri tercipta sangat indah. Ia mengontrol bola di kotak penalti dengan membelakangi gawang. Namun mampu melepaskan tendangan kaki kanan yang tak mampu dibendung oleh Miswar Saputra. Madura United pun membalikkan skor 2-1.

Skor ini nampaknya sulit berubah sampai situasi menguntungkan terjadi di menit ke-80. Pemain Madura United Greg Nwokolo terkena kartu merah. Madura United pun cenderung bertahan untuk mengamankan kemenangan.

Sebaliknya, untuk mengejar ketinggalan, perubahan strategi dilakukan Aji Santoso. Ia memasukkan Irfan Jaya dan Alwi Slamat. Masuknya dua pemain menambah daya gedor Persebaya.

Terbukti, David da Silva kembali mencetak gol di menit ke-83. Berawal dari akselerasi Diogo, bola diumpankan ke Irfan Jaya tepat di depan gawang. Tetapi tendangan Irfan Jaya mampu ditepis Muhammad Ridho. Lagi-lagi bola memantul ke David da Silva yang dengan sekali tending membobol jaring gawang Madura United.

Berhasil menyamakan kedudukan, Persebaya semakin gencar menekan. Hasilnya, Irfan Jaya lolos dari jebakan offside. Sambil berlari, ia melepaskan tendangan kaki kanan. Bola tak mampu diselamatkan kiper. Skor 2-3.

Di masa injury time, Madura United memiliki peluang mencetak gol. Tapi Miswar Saputra mampu mengamankan sundulan Rakic yang menuju sudut gawangnya.

Persebaya juga punya peluang matang. Melalui serangan balik, Ruben Sanadi berlari bebas menuju gawang lawan. Sayang kontrol bolanya terlalu kencang sehingga diamankan oleh kiper Muhammad Ridho. Skor tidak berubah 2-3 untuk kemenangan Persebaya. (q cox)

Foto by Persebaya.id: Striker Persebaya David Da Silva saat mencetak gol pertama Persebaya ke gawang Madura United.

Reply