Indahnya Wisata Mangrove Wonorejo Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo berada di Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya. Jika rutenya berawal dari Bandara Internasional Juanda, untuk sampai di Ekowisata Mangrove Wonorejo dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit atau sejauh 17.4 km melalui Jalan Tol Waru-Juanda.

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo membuktikan bahwa Surabaya masih peduli dengan kelestarian lingkungan. Dengan keberadaan Hutan Mangrove Wonorejo ini, Pemerintah Kota Surabaya berharap dapat mengurangi abrasi yang terjadi Pantai Timur Surabaya.

Berbicara masalah kepedulian terhadap lingkungan, kawasan hutan mangrove ini kerap dijadikan berbagai lembaga untuk sarana pendidikan dalam hal menjaga kelestarian alam dengan melakukan penanaman serta pembudidayaan mangrove di kawasan hutan.

Maka tidak heran jika tempat wisata yang terletak di area hutan seluas kurang lebih 200 hektar sudah semakin rimbun dan hijau dari sebelumnya. Yang terpenting dengan semakin membaiknya hutan lindung ini menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi 30 spesies binatang yang dilindungi, yang salah satunya adalah kera ekor panjang. Hutan mangrove ini juga kerap dijadikan jujukan persinggahan sejumlah burung pantai.

Titik yang pertama berada di pintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo yang bisa anda gunakan untuk berisitirahat. Dari sini, kawasan hutan masih belum terlihat sehingga harus berjalan ke dermaga, tempat kapal-kapal yang membawa anda ke kawasan hutan berada.

Tidak perlu membawa bekal makanan dan minuman karena di lokasi wisata mangroeve Wonorejo kini sudah terbangun sentra kuliner yang cukup besar, nyaman dan lengkap.

Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo anda akan dikenai tiket masyuk sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantar anda menuju ke hutan.

Sejumlah kapal dan perahu telah disiapkan, mulai dari Kapal Jaya Samudra yang berkapasitas 50-60 orang, Perahu berkapasitas 35 dan 40 orang dewasa, dan speedboat yang berkapasitas 6 orang. Jika ingin menggunakan speedboat maka anda dikenai tiket masuk sebesar Rp 300.000 untuk satu kali perjalanan. (q cox)

Reply