Ini Alasan Abdullah Azwar Anas Siap Maju Pilgub Berpasangan dengan Gus Ipul

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – DPW PKB dan DPD PDIP Jatim sudah mengirim surat sekaligus menunjuk Hikmah Bafaqih sebagai ketua tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas dan Sri Untari sebagai sekretaris Tim Pemenangan di tingkat provinsi.

Setelah terbentuk lengkap, tim pemenangan pasangan koalisi PKB dan PDIP ini nantinya juga diminta segera membentuk tim pemenangan di tingkat kabupaten/kota dalam waktu 2-3 minggu ke depan, sehingga pada akhir Desember ini tim pemenangan pasangan Gus Ipul-Anas tingkat provinsi dan kabupaten/kota sudah tuntas

Abdullah Azwar Anas yang kini berstatus Cawagub, mengatakan bahwa Gus Ipul banyak memberikan masukan sesuai pengalamannya selama 10 tahun menjadi Wagub. Diantaranya pembangunan infrastruktur menjadi prioritas yaitu JLS akan dituntaskan dengan tata ruang yang dikendalikan supaya tak seperti kawasan utara.

“Kami bukan hanya memikirkan tim teknis pemenangan, tapi Gus Ipul juga sudah jauh memaparkan soal visi lima misi dan sembilan rencana aksi berdasarkan peta wilayah dan skala prioritas,” beber Bupati Banyuwangi ini.

Banyak contoh yang bisa diadopsi dari keberhasilan program inovasi dari Banyuwangi yang bisa diterapkan di Jatim sekaligus untuk percepatan pembangunan dan solusi mengatasi kemiskinan. Misalnya, Smart Kampung yang sudah dilakukan di Banyuwangi khususnya untuk pelayanan publik menggunakan IT bisa diterapkan di 133 desa.

“Kami juga akan mengkolaborasikan inovasi program-program pemerintah dengan pihak swasta supaya bisa lebih efisien, sehingga pihaknya optimis Jatim ke depan akan ada percepatan dalam menghasilkan inovasi pembangunan untuk layanan masyarakat,” jelas Anas.

Diakui Anas, selama ini pembangunan hanya terfokus pada kota sehingga muncul istilah Smart City. Akibatnya, banyak migrasi dan kota menjadi keranjang masalah.

“Saya bersama Gus Ipul ingin menjadikan desa sebagai prioritas pembangunan sehingga persoalan kemiskinan juga cepat teratasi. Caranya, kami akan mendelegasikan sebagian kewenangan kepada Camat dan Kepala Desa,” katanya.

Bahkan Anas yakin Jatim ke depan bisa menjadi Hub bagi digital kreatif. Sehingga harapan Wapres RI, Jusuf Kalla ingin menjadikan Jatim seperti Silicon Valley bukan isapan jempol semata tapi sudah kenyataan di depan mata karena embrionya sudah dimulai di Malang bekerjasama dengan Unibraw.

“Smart Kampung Banyuwangi juga masuk Top 30 inovasi nasional dan penghargaanya diberikan siang ini oleh Gubernur Jatim.  Jatim Smart Kampung merupakan modal saya untuk maju di Pilgub Jatim mendatang,” kelakar pria yang juga ketua PW ISNU Jatim. (q cox, U)

Reply