KPU Jatim Umumkan Pilkada Jatim 2018 Resmi Diikuti Dua Pasangan

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Dua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dipastikan berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim, 27 Juni 2018 mendatang.

Kepastian itu, setelah ditetapkan resmi sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim oleh KPU Jatim di Kantor KPU Jatim, Senin (12/2). Dalam penetapan itu, kedua pasangan diwakili oleh masing-masing tim suksesnya.

“Kedua pasangan mulai hari ini sudah resmi menjadi calon, walaupun belum dilakukan pengundian nomor pasangan calon gubernur dan wakil gubernur,” kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmito pada rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian penetapan pasangan calon dalam pilkada Jatim 2018 di Kantor KPU Jatim, Senin (12/2/2018).

Kedua pasangan itu resmi ditetapkan sebagai pasangan yang berkompetisi di pilkada Jatim, setelah memenuhi persyaratan sebagai calon yang ditetapkan oleh KPU. “Mereka juga sudah melakukan perbaikan syarat-syarat yang dianggap kurang,” tandasnya.

Dengan penetapan ini, menurut Anam, hak dan kewajiban calon sudah melekat pada kedua pasangan. Kedua pasangan diharapkan hadir dalam pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Selasa (13/2/2018) besok.

“Secara badan hukum sudah sah dan resmi sebagai calon. Otomatis hak dan kewajiban sebagai peserta pilkada Jatim sudah melekat,” tambahnya.

Surat Keputusan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim ini, diserahkan langsung oleh Eko Sasmito kepada perwakilan tim pemenangan kedua pasangan dan disaksikan Ketua Bawaslu Jatim M Amin dan Ketua DKPP Harjono.

Pasangan Gus Ipul-Puti diwakili ketua tim pemenangan Hikmah Bafaqih dan sekretaris Sri Untari. Sedangkan pasangan Khofifah-Emil diwakili ketua tim pemenangan M Roziki dan sekretaris Renville Antonio. (q cox, Wb)

Reply