Jatim Raya

Peringati HUT ke 73, Eks Brimob Nusantara Polres Kediri Gelar Pengobatan Gratis

33
×

Peringati HUT ke 73, Eks Brimob Nusantara Polres Kediri Gelar Pengobatan Gratis

Sebarkan artikel ini

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Peringati HUT Korps Brimob ke 73, Eks anggota Brimob Nusantara yang kini bertugas di Polres Kediri menggelar acara pengobatan gratis kepada Warga Masyarakat di Desa Balong Jeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri

Iptu Agus Sudarjanto Ketua seksi acara kegiatan mengaku bersukur karena mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat, terbukti sekitar 50 orang warga juga hadir untuk berobat

“Yang jelas dalam HUT Brimob saat ini. Kita bisa melaksanakan misi sosial, walaupun acara tidak terlalu besar, namun bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan pengobatan gratis,” Ucap Iptu Agus Kepada Suarapubliknews.net . Jum’at (16/11/2018)

Menurut Iptu Agus, kegiatan sosial ini sengaja digelar di Desa Balong Jeruk karena asamlatar belakang sejarah perjuangan Korps Brimob, dahulu dikenal dengan pasukan Mobrik

Perwira pertama dengan dua balok di pundaknya itu menjelaskan, bahwa Desa Balong pernah dijadikan Markas sementara oleh pasukan MOBRIG pada saat melakukan long march, setelah Pasukan memadamkan pemberotakan PKI di Madiun dan Kemudian dilajutkan dengan melakukan penyisiran sisa-sisa PKI yang keluar dari Wilayah Madiun

Namun dalam Waktu yang bersamaan Pasukan MOBRIG harus dihadapkan dengan Patroli Tentara Belanda yang pada masa itu terjadi agresi Militer Belanda ke II dan di tempat itulah menjadi saksi pertempuran hebat antara pasukan MOBRIG dan Tentara Belada hingga mengakibatkan korban dari pasukan MOBRIG serta Warga sipil yg ikut membantunya.

Menurut Iptu Agus, peran masyarakat pada masa perjuangan banyak membantu pasukan MOBRIG, utamanya soal suplai bahan-bahan makanan serta membantu segala keperluan pasukan.

Bahkan masyarakat di desa Balong, lanjutnya, juga rela mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan.

“Makanya tidak ada alasan bagi Kami untuk tidak memilih tempat tersebut dalam acara kegiatan saat ini,dan Brimob sendiri mempunyai semboyan yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan ” Terangnya.

Iptu Agus menambahkan, pihaknya berharap agar Brimob Polri lebih bermanfaat kepada masyarakan serta dapat melaksaanakan amanah untuk menjaga keamanan Negri tercinta ini NKRI.

Selain kegiatan pengobatan gratis juga dilaksanakan acara donor darah bagi semua anggota eks Brimob Polres Kediri, kemudian dilanjutkan dengan silaturohim kepada salah seorang pejuang Kemerdekaan di Desa tersebut. (q cox, Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *