PJB Raih Proper Emas Berkat Program Organik Integrated Sistem

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Anak perusahaan PT PLN (Persero), PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) memperoleh PROPER Emas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkat Program Organik Integrated Sistem (OIS) yang diwujudkan dalam Pertanian Organik.

Direktur Utama PJB, Iwan Agung Firstantara mengatakan Pogram Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PJB Unit Pembangkitan (UP) Paiton tersebut berhasil menghilangkan ketergantungan petani terhadap pupuk kimia dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian hampir dua kali lipat, serta menumbuhkan kreativitas masyarakat mengolah hasil pertanian menjadi aneka makanan dan minuman organik.

“Alhamdulilah, PJB memperoleh PROPER Emas. Bagi kami penghargaan dari KLHK ini penting, sebagai legitimasi bahwa pengelolaan lingkungan yang dilakukan PJB sudah sesuai yang digariskan pemerintah, bahkan melebihi dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) serta berhasil menciptakan keunggulan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat,” katanya.

Sampai dengan saat ini PJB telah mengantongi 4 PROPER HIJAU oleh PJB UP Paiton, Gresik, Muara Tawar, dan Muara Karang. Pencapaian PROPER tak luput dari komitmen perusahaan dalam memenuhi segala unsur penilaian yang ada di dalamnya, seperti upaya perusahaan dalam melakukan efisiensi energi dengan melakukan inovasi-inovasi di dalamnya.

Sebagai contoh dalam hal efisiensi energy di tahun 2016-2017 UP Paiton melakukan upaya salah satunya adalah penggantian lampu TL ke lampu LED. Dalam hal efisiensi air UP Paiton melakukan pemanfaatan ash run off pond air hujan untuk menyiram tanaman dan pemanfaatan overflow hidran untuk masyarakat. Sedangkan dalam hal upaya penurunan emisi.

Sekretaris Tim PROPER KLHK, Sigit Reliantoro, mengatakan selain pertanian organik, program CSR PJB UP Paiton yang juga mendapat apresiasi dari KLHK adalah kebersihan kawasan pesisir sekitar pembangkit dan pelestarian terumbu karang.

“Terumbu karang terpelihara dan berkembang dengan baik di dekat pembangkit listrik. PJB berhasil menciptakan keharmonisan antara pembangkit dengan ekosistem laut,” katanya ketika melakukan kunjungan lapangan ke PJB UP Paiton. (q cox, Dn)

Reply