Puti Guntur, Risma dan Istri Gus Ipul Hadiri Haul Agung Sunan Ampel

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno menghadiri Haul Agung Sunan Ampel ke-569. Kandidat nomor 2 itu hadir bersama Ny. Fatma Saifullah Yusuf dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Jumat (4/5/2018) malam.

Ny Fatma adalah istri Calon Gubernur Saifullah Yusuf, pasangan Puti Guntur. Selain itu, hadir pula Bu Nyai Suud Baagil dari Ampel dan Bu Nyai Ainur Rohmah dari Pondok Pesantren An Nuriyah Wonocolo, Kota Surabaya.

Puti Guntur dan Ny. Fatma hadir terlebih dulu dari arah Nyamplungan, kemudian masuk ke area Makam Sunan Ampel. Beberapa menit kemudia, Walikota Risma muncul dari arah berlawanan, kemudian masuk ke area makam.

Di lokasi makam, mereka larut melakukan
sholawat, tawasul, tahlil dan doa. Selesai dari makam, kemudian berlanjut ke Masjid Sunan Ampel untuk mengikuti pengajian. Mereka berbaur dengan ribuan warga masyarakat yang datang dari berbagai daerah.

“Saya bersyukur bisa hadir di Haul Agung Sunan Ampel, bersama Bu Fatma, hadir pula Ibu Risma, Walikota Surabaya. Sunan Ampel adalah tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa,” kata Puti Guntur Soekarno.

Haul Agung Sunan Ampel ke-569 berlangsung tiga hari. Dimulai Jumat malam ini, yang dikhususkan bagi Muslimat, dengan kegiatan tahlil dan pengajian. Kemudian besok Sabtu pagi akan dilangsungkan khataman Alquran, tahlil akbar dan pengajian akbar untuk jamaah laki-laki. Terakhir, hari Minggu akan dilakukan khitanan massal, Sholawat Nabi dan Hadrah ISHARI.

“Kita berharap, para generasi sekarang dapat meneladani kokohnya keimanan, keikhlasan hati pengorbanan dan kuatnya perjuangan Sunan Ampel. Hingga era sekarang, Sunan Ampel terus memberikan inspirasi dan diziarahi umat dari berbagai daerah,”  kata Puti Guntur.

Walikota Risma yang mengenakan pakaian krem dibalut selendang berenda putih juga mensyukuri atas Haul Agung Sunan Ampel ke-569. Pejabat nomor satu di Pemkot Surabaya itu sangat gigih mempertahankan dan mengembangkan area Sunan Ampel sebagai kawasan religi dan cagar budaya.

“Kota Surabaya sangat bangga dengan kawasan Makam Sunan Ampel dan situs-situs berharga lain disini. Tiap hari peziarah tidak pernah henti mengalir ke kawasan ini,” kata Risma. (q cox)

Reply