Semangati PDIP, Puti Guntur Soekarno: Kita Didukung Pak Jokowi

MALANG (Suarapubliknews.net) – PDI Perjuangan (PDIP) diminta untuk mengampanyekan program-program kerja Calon Gubernur Saefullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno. Salah satunya, program pendidikan gratis bagi SMA dan SMK.

Permintaan itu disampaikan Puti Guntur Soekarno dalam Rapat Kerja PDIP Kota Malang, Selasa (20/2/2018). “Juga tolong sampaikan pada masyarakat, bahwa kita didukung Pak Jokowi. Karena Pak Jokowi adalah kader PDI Perjuangan,” kata Puti saat memberi sambutan.

Rapat kerja diikuti sekitar 800 pengurus PDIP di Kota Malang, yang terdiri 5 kecamatan. “Karena hari dan jam kerja, banyak kawan-kawan tidak bisa hadir. Padahal, mereka sangat ingin bertemu Mbak Puti,” kata Eddy Paripurna, Plt. Ketua DPC PDIP Kota Malang.

Puti melanjutkan, dukungan Jokowi itu akan memberikan sumbangan besar pada pemenangan Pilkada Jawa Timur 2018. Di provinsi ini, saat Pilpres 2014, Jokowi mendapatkan kemenangan.

“Orang tahu, Pak Jokowi adalah kader PDI Perjuangan. Dan, PDI Perjuangan mencalonkan Gus Ipul-Mbak Puti dalam Pilkada Jawa Timur 2018,” kata Puti.

Dalam Pilkada Jawa Timur 2018, bersama Gus Ipul, cucu Bung Karno itu mendapat tugas dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk “merajut Merah Putih”, untuk merajut kebangsaan, di Jawa Timur.

“Maka, cita-cita Bung Karno harus diwujudkan. Kemenangan Pilkada, Pemilu dan Pilpres kita maknai sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita Bung Karno, mewujudkan Pancasila,” kata Puti.

Ia menyebut program pendidikan gratis sebagai kebijakan yang manfaatnya langsung dirasakan rakyat. “Wajib belajar 12 tahun dirasakan rakyat. Jangan sampai ada yang putus sekolah karena kesulitan biaya,” kata Puti.

Wajib belajar 12 tahun mencakup SD, SMP, berlanjut SMA/SMK sederajat. Karena UU 23/2014, mulai 2017, Pemprov Jawa Timur mengambil-alih pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota.

Peralihan itu diikuti penerapan kebijakan berbayar untuk siswa SMA Negeri dan SMK Negeri. “Kalau Gus Ipul dan saya terpilih, kami bertekad untuk membebaskan biaya pendidikan bagi SMA dan SMK,” kata Puti.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno ingin Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno menang telak di Malang Raya. “Kita ingin menang tebal. Karena ini menyangkut kehormatan partai,” kata Untari.

Di Kota Malang, dengan 5 kecamatan, PDIP menarget suara 70 persen untuk Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno.

“Kita bekerja bersama, gotong-royong, kita kumpulkan kekuatan kaum nasionalis, Marhaenis, Soekarnois yang lain untuk bangkit memenangkan Mbak Puti, cucunya Bung Karno,” kata Untari. (q cox)

Reply