Tahapan Rekapitulasi Tuntas, Ketua KPU Sidoarjo: Aman dari Kecurangan

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Ketua KPU Sidoarjo, M Zainal Abidin menegaskan bahwa pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 di wilayahnya, sejak pelaksanaan hingga perhitungan (rekapituasi) dari tingkat PPS, PPK hingga KPU, belum ditemukan adanya kecurangan.

“Pelaksanaan Pilpres maupun Pileg 2019 di Sidoarjo sejauh ini berjalan dengan baik. Kami tak menemukan adanya kecurangan. Ada sejumlah permasalahan yang timbul saat rapat pleno rekapitulasi. Tetapi masih bisa diselesaikan di tingkat PPK. Karenanya, mari bersabar menunggu proses penghitungan suara di KPU Pusat,” terang M Zainal Abidin, Sabtu (4/5/2019) lalu.

Selain itu, kata Zainal, dengan hasil rapat akhir rapat pleno KPU Sidoarjo, tahap demi tahap Pemilu 2019 sudah dilalui. Baginya, pelaksanaan sejauh ini semua sudah final.

”Mari saling merawat dan menegakkan persatuan dan kesatuan. Terima kasih kepada masyarakat, Parpol, Timses, serta TNI – Polri yang sanggup bersama – sama mensukseskan Pemilu 2019 di Sidoarjo berjalan aman, damai, dan kondusif,” imbuhnya.

Rasa syukur serta apresiasi terhadap kelancaran pelaksanaan Pemilu 2019, disampaikan beberapa tokoh agama di Kab Sidoarjo. Diantaranya, KH Agoes Ali Mashuri, Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat, yang menyampaikan, terima kasihnya kepada KPU, Bawaslu, TNI-Polri, serta masyarakat Kab Sidoarjo yang memiliki rasa cinta Tanah Air, cinta akan pentingnya persatuan dan kesatuan, yakni dengan mensukseskan Pemilu 2019.

“Fase kecintaan kita pada NKRI telah kita tunjukkan, yakni salah satunya dengan menjaga situasi di Kab Sidoarjo dengan penuh kedamaian saat Pemilu 2019 kemarin. Saat ini yang harus kita lakukan adalah kembali bergandeng tangan untuk Sidoarjo dan Indonesia yang penuh damai,” pesannya.

Apresiasi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kab Sidoarjo yang berjalan dengan lancar, aman dan kondusif, juga diutarakan Bupati Sidoarjo Saiful Illah. Menurutnya, pada saat pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemmilihan Presiden dalam Pemilu 2019 di Kab Sidoarjo berjalan sukses. Yakni berkat kekompakan Forkopimda Kab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, KPUD Kab Sidoarjo dan masyarakat.

“Syukur Alhamdulillah berkat kebersamaan dan kekompokan warga di Sidoarjo semua proses Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman. Terima kasih sekali lagi kepada semua pihak, dan saya mengajak mari menerima hasil yang sudah ada dengan rukun dan damai,” pinta Saiful Illah. nya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugrono menegaskan, pasca rekapitulasi anggotanya tetap bersiaga hingga 22 Mei 2019. ”Usai rekapitulasi kami akan mengawal pengiriman surat suara hasil Pemilu ke KPU Jatim. Semua kita laksanakan sekalian hingga tuntas,” tegas Zain Dwi Nugroho. (q cox, NH)

Reply