Peristiwa

AC Tidak Dingin di Teriknya Surabaya, Coba 5 Langkah Ini

98
×

AC Tidak Dingin di Teriknya Surabaya, Coba 5 Langkah Ini

Sebarkan artikel ini

Surabaya (Suarapubliknews) ~ Menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara di Surabaya pada akhir-akhir ini mencapai 32-34 derajat Celcius. Kelembapan udaranya berkisar antara 60-70%. Berteduh dalam kamar ber-AC memang salah satu cara terbaik untuk menghindari cuaca panas di Surabaya.

Dengan AC, kita bisa mengatur suhu ruangan sesuai dengan kenyamanan kita. Selain itu, AC juga dapat membantu menghilangkan kelembapan udara, sehingga kita tidak mudah berkeringat. Namun ada beberapa penyebab yang membuat AC menjadi tidak dingin dan malah menyebakan penyakit. Salah satunya adalah filter yang kotor.

Project Director Auto Dingin (CV Karunia Teknik), David George H, mengatakan filter atau penyaring udara dirancang untuk menjaga kenyamanan dan terutama kesehatan Anda sebagai penghuni ruangan. Proses kerjanya dengan membantu menyaring debu, serbuk, bulu hewan, serbuk sari, dan partikel-partikel udara yang masuk ke dalam ruangan.

Inilah mengapa keberadaan filter sangat membantu menjaga kualitas udara dalam ruangan agar lebih bersih dari partikel-partikel kecil penyebab alergi atau masalah pernapasan. “Selain bertugas menangkap kuman, bakteri, dan virus dari udara, filter AC pun memiliki kemampuan lain,” katanya.

Kontraktor AC yang berbasis di Mulyosari Timur 42 ini menyebutkan, kemampuan yang dimaksud diantaranya sistem perlindungan untuk komponen sistem AC, seperti kumparan evaporator dan kumparan kondensor. Kumpulan debu dan partikel lainnya dapat merusak komponen-komponen ini jika dibiarkan masuk ke dalam sistem.

Filter yang bersih dan berkualitas dapat membantu menjaga kinerja sistem AC agar tetap bekerja maksimal. Keadaan filter yang kotor atau tersumbat dapat membuat sistem AC bekerja lebih keras. Sehingga pada gilirannya dapat mengurangi efisiensi pendinginan dan meningkatkan konsumsi energi.

Solusinya, dengan menjaga filter AC dalam kondisi baik dan menggantinya secara teratur, Anda dapat membantu memperpanjang umur sistem AC. “Filter yang baik dapat mengurangi risiko kerusakan pada komponen-komponen penting tersebut,” paparnya.

Selain itu kualitas udara yang disaring lebih bersih dan segar, bahkan membantu mengurangi bau tidak sedap dan asap dari udara, seperti aroma masakan atau bau rokok. Dengan menjaga filter AC dalam kondisi baik dan menggantinya secara teratur, Anda bisa memaksimalkan sistem kinerja dari AC tetap berfungsi optimal.

Dilansir dari akun Ig : @Autodingin Pembersihan filter AC adalah langkah penting untuk menjaga kinerja dan efisiensi sistem pendinginan udara Anda. Bagaimana langkah-langkahnya?

1. Persiapkan Alat-alat Pembersih : Sarung tangan (opsional, Kuas lembut atau sikat kecil, Ember air bersih, Sabun ringan atau cairan pembersih lembut (opsional), Kain lembut atau handuk bersih.

2. Buka Penutup Filter. Segera buka penutup atau pintu yang melindungi akses ke filter di dalam unit AC. Biasanya, penutup filter dapat dibuka dengan membuka klip atau mengeluarkan sekrup, tergantung pada jenis AC yang Anda miliki. Setelah itu keluarkan filter dari tempatnya dengan hati-hati. Jika filter itu kotor, bisa saja ada debu atau partikel yang jatuh, jadi pastikan Anda melakukannya di area yang mudah untuk dibersihkan.

3. Koyak Serpihan Debu. Goyangkan filter dengan lembut untuk menghilangkan debu kasar dan partikel-partikel besar. Anda juga bisa menggeleng atau menepuk-nepuknya secara lembut untuk membantu menghilangkan debu.

4. Cuci dengan Air Mengalir. Apabila filter AC terbuat dari jenis yang bisa dicuci, Anda bisa meletakkan filter di bawah aliran air yang lembut, seperti keran atau selang air. Jangan menggunakan air panas atau tekanan air yang terlalu kuat, agar filter tidak rusak. Gunakan sedikit sabun ringan atau cairan pembersih lembut jika diperlukan.5. Gunakan Kuas Lembut. Jika filter terlihat sangat kotor, Anda bisa menggunakan kuas lembut atau sikat kecil untuk membersihkan dengan lembut. Pastikan untuk tidak merusak struktur filter. Setelah membersihkan filter dengan air atau sabun, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun. Kemudian, biarkan filter kering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. Pastikan filter benar-benar kering agar tidak memicu pertumbuhan jamur atau kelembaban.

Setelah filter kering, pasang kembali filter ke tempatnya dengan benar sesuai dengan arah yang ditunjukkan pada filter dan petunjuk AC. Kemudian tutup kembali penutup atau pintu filter dan pastikan semua klip atau sekrup terkunci dengan benar. Setelah semuanya terpasang dengan baik, Anda dapat menyalakan kembali AC dalam kondisi lebih ramah lingkungan.

Namun jika mengalami kesulitan di hari yang gerah suhu panas memuncak dan menyengat seperti ini, dan khawatir dengan kuman dan virus yang bercokol di AC dan tapi tidak mau ribet dengan perawatannya, bisa memanggil pelayanan jasa service AC seperti @Cuci.ac.surabaya atau @Syariahac. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *