Nasional

Ada 3 Isu Utama di Agenda Rakernas I Sekaligus HUT Ke-47 PDI Perjuangan

19
×

Ada 3 Isu Utama di Agenda Rakernas I Sekaligus HUT Ke-47 PDI Perjuangan

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sekaligus HUT Ke-47 PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai Jumat (10/1/2020) hingga Minggu (12/1/2020) mengagendakan pembahasan tiga isu utama. Yakni ilmu pengetahuan, industri rempah dan lingkungan hidup.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Partainya ingin industri berbasis riset dan inovasi masuk dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Hal itu penting untuk membangun kesejahteraan negara secara komprehensif tanpa menghilangkan identitas bangsa.

“Hal-hal strategis terkait dengan haluan negara melalui kebijakan strategi yang dijalankan dengan semangat berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari,” kata Hasto, dalam konferensi pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

Selain ilmu pengetahuan, PDI Perjuangan juga menginginkan kejayaan rempah-rempah pada masa lalu bangkit kembali. Oleh karena itu, dalam Rakernas I ini akan ditampilkan pameran rempah nusantara, sumber pangan dan bumbu-bumbuan.

Hasto meyakini kekayaan minyak aromaterapi, pameran teknologi terapan, obat-obatan herbal, dan berbagai bentuk ekonomi gotong royong akan membuka mata masyarakat akan pentingnya rempah-rempah nusantara.

“Pameran tersebut bersifat terbuka bagi publik, khususnya bagi kaum muda Indonesia. Pameran terbuka untuk publik dimulai pada hari Jumat, jam 19.00 sampai Minggu, jam 18:00,” jelasnya.

Terakhir, tambah Hasto, isu utama yang dibahas adalah lingkungan hidup. Menurut Hasto hal itu penting untuk menyikapi berbagai kerusakan lingkungan yang menyebabkan banjir, tanah longsor, dan membanjirnya sampah tanpa proses pengolahan yang memadai, serta hilangnya sumber mata air.

“PDI Perjuangan menaruh perhatian yang begitu besar guna mengimplementasikan kebijakan pembangunan yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan memastikan pencegahan berbagai persoalan lingkungan tersebut. Kami akan mengundang BMKG, BNPB, BNPP, dan para ahli lingkungan serta pihak terkait sehingga PDI Perjuangan hadir sebagai pelopor pencegahan banjir di seluruh wilayah Indonesia,” jelas Hasto.

Dia menambahkan, Rakernas I akan dihadiri 4.731 peserta, berasal dari struktur, legislatif dan eksekutif dari kader PDIP. Rakernas dan HUT akan ditutup dengan Malam Kebudayaan menampilkan Indonesia dalam kepaduan berbangsa.

“Malam kebudayaan itu sekaligus menjadi ciri jalan kebudayaan partai, dan komitmen partai dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, memperkuat implementasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan kebangsaan melalui karya seni, puisi, dan lagu,” paparnya. (q cox, Pri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *