NasionalPemerintahan

Antisipasi Bahaya Kabut Asap Akibat Karhutla, BPBD Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana

32
×

Antisipasi Bahaya Kabut Asap Akibat Karhutla, BPBD Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melaksanakan Apel Siaga Bencana dan gelar peralatan dalam rangka antisipasi penanganan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kegiatan ditandai dengan penyerahan bendera tanggap bencana yang berlangsung,Selasa (08/08/2023) di Halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Batulicin.

Tampak sejumlah tim gabungan disiagakan dalam apel , baik dari unsur Pemerintah Daerah, Polres Tanbu, Kodim 1022, Manggala Agni, KPH Kusan, Pihak Perusahaan, Pemuda Pancasila, KNPI, PKJR Tanbu, Pramuka, PMR SMA Negeri 1 Simpang Empat

Dalam sambutannya, selaku Pembina Apel Bupati Tanah Bumbu melalui Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka sekaligus Kepala Badan BPBD (EX-Oficio), menyampaikan. Ada hal pokok dalam penanggulangan bencana, yakni perlunya sinergitas semua unsur penanggulangan bencana, serta deteksi dini yang memungkinkan rawan karhutla termasuk kesiapsiapsiagaan.

“Hari ini kita buktikan kalau Pemerintah Daerah (pemda) bekerjasama dengan TNI, Polri, unsur pentahelix dan masyarakat siap untuk mendeteksi dini dan siap siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

“Peralatan yang kita miliki walaupun sederhana kalau kita manfaatkan sebaik-baiknya saya kira bisa mencegah terjadinya karhutla di Kab. Tanbu, tambah beliau.,” tandasnya.

Sekda turut mengucapkan terima kasih dan pengharaan kepada semua pihak ,khususnya dalam membangun sinergitas untuk mencegah karhutla di bumi bersujud.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah H Ambo Sakka di dampingi Kepala Pelaksana (kalaksa) BPBD H. Sulhadi, Pihak Kejari, pihak Kodim, Pihak Danlanal dan Pihak Polres melakukan pengecekan armada, pasukan dan perlengkapan penanganan karhutla yang dimiliki Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pimpinan SKPD, TNI, Polri, Kejari, Dishub, Kemenag, Satpol PP & Damkar, Manggala Agni, KPH Kusan, Pihak Perusahaan, Relawan PKJR, Pramuka & PMR SMAN 1 Simpang Empat. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *