Atas Inisiasi Warga Sendiri, Wali Kota Eri Apresiasi Vaksinasi di Rungkut Mapan Barat

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan meninjau langsung vaksinasi di Perumahan Rungkut Mapan Barat, Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gununganyar, Surabaya, Rabu (29/9/2021).

Vaksinasi yang diinisiasi oleh warga yang tergabung dalam Relawan Bodreks itu menyasar warga Perumahan Rungkut Mapan Barat, luar warga perumahan, para pelajar, dan juga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) serta warga disabilitas.

Saat itu, Wali Kota Eri juga sempat menyapa warga disabilitas yang hendak divaksin. Bahkan, para pelajar SD dan SMP yang hendak divaksin juga tak luput dari sapaannya. Mereka bahwa bersuka ria berfoto dengan Wali Kota Eri.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengapresiasi vaksinasi yang digelar di Perumahan Rungkut Mapan Barat itu. Sebab, vaksinasi yang digelar di tempat tersebut diinisiasi langsung oleh warga yang tergabung dalam Relawan Bodreks. Apalagi, tempatnya sangat nyaman dan tertata.

“Ini bisa dijadikan contoh, bagaimana kekuatan Relawan Bodreks yang ada di Rungkut ini bergerak untuk melakukan vaksin bagi warga,” kata Wali Kota Eri.

Dengan percontohan ini, maka ke depannya semua wilayah bisa melakukan hal serupa, sehingga Pemkot Surabaya beserta forkopimda Surabaya hanya memberikan vaksinnya. Sedangkan tempat dan warga yang akan divaksin disediakan sendiri oleh warga.

“Insyallah dengan model seperti ini akan jauh lebih cepat. Apalagi, kalau kita mengadakan di kelurahan-kelurahan, dan teman-teman relawan ini mengadakan di RW-RW, dan dibantu pula oleh mobil vaksinnya Pak Kapolres yang terus jalan, pasti akan lebih cepat,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kekuatan komunitas Relawan Bodreks dalam membantu pemkot menangani pandemi Covid-19 ini. Sebab, dulu di perumahan tersebut sempat masuk dalam zona oranye dan banyak yang sakit, namun kini sudah masuk ke zona hijau dan warganya sudah banyak yang sembuh.

“Ini karena kehebatan warganya sendiri, makanya saya berharap semua warga Surabaya dapat mencontoh dan merapkan model seperti ini di lingkungannya masing-masing,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita juga mengaku salut dengan Relawan Bodreks ini. Sebab, mereka yang bergerak aktif jemput bola dan secara dor to dor mengajak warga sekitarnya untuk melakukan vaksinasi.

“Saya salut betul kepada mereka, karena mereka mendatangi satu persatu rumah warga yang belum mendapatkan vaksin, lalu mereka ajak untuk vaksin pada hari ini,” kata dia.

Ia juga menjelaskan bahwa vaksinasi kali ini disediakan sebanyak 700 dosis, baik untuk vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. Bahkan, para relawan ini juga mengajak para pelajar dan warga disabilitas dan ODGJ untuk mengikuti vaksin.

“Nah, peran aktif dari masyarakat inilah yang kami butuhkan untuk melakukan vaksin maupun untuk mencegah penularan Covid-19 ini,” pungkasnya. (q cox)

Reply