Bakal Kembangkan Air Terjun Batis Langupan, Sekda Rooswandi: Potensi wisatanya tinggi 

BATULICIN (Suarapubliknews) – Sekretaris Daerah yang juga Ketua Pengurus Cabang Indonesia Off-Road Federation (IOF) Tanah Bumbu H Rooswandi Salem bersama rombongan meninjau lokasi air terjun Batis Langupan di wilayah Desa Sejahtera Mulia Kecamatan Satui, Sabtu (18/07/2020).

Peninjauan lokasi air terjun itu dilakukan menggunakan mobil off-road dan kendaraan trail agar bisa sampai menuju lokasi air terjun.

Perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu selama 2 hari sehingga rombongan bermalam dan mendirikan tenda di tepi Sungai Tandui untuk kemudian pagi harinya baru melanjutkan menuju air terjun Batis Langupan.

Adapun jumlah rombongan dalam peninjauan tersebut sebanyak 14 buah mobil offroad dan 26 buah kendaraan trail.

Ketua Pengcab IOF Tanah Bumbu H Rooswandi Salem mengatakan, bahwa air terjun Batis Langupan memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, yakni memiliki karakteristik yang tentunya tidak ada di wilayah lain, termasuk di Kalimantan Selatan karena memiliki keindahan yang berbeda.

“Oleh karena itu kami meninjau langsung kesini, untuk memastikan kondisional air terjun tersebut sehingga dapat memastikan infrastruktur penunjangnya. Agar apabila dikembangkan menjadi salah satu ikon wisata di Tanah Bumbu, maka akan dilakukan perbaikan secara bertahap mulai dari sarana dan prasarana jalan
yang akan menjadi prioritas utama,” sebutnya.

Akan tetapi lanjut Rooswandi, pihaknya juga menghitung, yang artinya tidak serta merta membuka tempat tersebut tanpa mempertimbangkan resiko.

“Karena ada beberapa kasus tempat objek wisata setelah dibuka menimbulkan kerusakan alam dengan adanya masyarakat luar daerah yang datang bekerja diwilayah objek wisata tanpa memperhatikan lingkungan, salah satunya yang terjadi di objek wisata air terjun Mandin Damar yang tercemar karena banyaknya pendulang emas di hulu sehingga menyebabkan air terjun tercemar dan keindahannya hilang,” jelasnya.

Rooswandi menambahkan, oleh karenanya harus selektif melihat potensi itu.

“Kalaupun air terjun Batis Langupan ini nantinya dibuka, tentunya kita harus melihat resikonya guna mengantisipasi. Nantinya dengan akses jalan yang sudah baik, sehingga orang orang malah akan menghabiskan sumber daya alam yang lainnya, karena kawasan air terjun tersebut juga merupakan kawasan hutan lindung,” imbuhnya.

Pengelolaan objek wisata ini nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak desa, sehingga tidak ada kegiatan lain diwilayah tersebut, agar tetap terjaga kelestarian dan keindahannya.

Pada kegiatan tersebut Ketua Pengurus Cabang Indonesia Ofroader Federation Tanah Bumbu H Rooswandi Salem juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako kepada Ketua RT 02 Desa Sejahtera Mulia.

Turut serta dalam kegiatan peninjauan lokasi air terjun Batis Langupan di Desa Sejahtera Mulia Kecamatan Satui tersebut yakni Kadis PU, Kadis Pertanian, Kepala Bagian Umkap dan rombongan komunitas trail adventure. (q cox, Imran)

Reply