#BangkitBersama: GoTo dan Pemkot Surabaya Ajak UMKM Manfaatkan Ekosistem Digital untuk Bangkit dari Pandemi

SURABAYA (Suarapubliknews) – Grup teknologi terbesar di Indonesia, GoTo menghadirkan gerakan #BangkitBersama di Surabaya, agar UMKM lokal mampu bangkit setelah sempat meredup di tengah pandemi dan produknya dan bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison mengatakan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia harus bisa beradaptasi dan menciptakan peluang agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, terutama di tengah persaingan yang ketat. Sebagai karya anak bangsa, ekosistem GoTo – yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial – terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna mendorong kapasitas pegiat UMKM lokal serta mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penjual terdekat agar lebih efisien.

“Melalui berbagai inisiatif hyperlocal serta kolaborasi dengan Pemerintah Kota Surabaya lewat rangkaian kegiatan #BangkitBersama, GoTo berharap dapat menawarkan solusi menyeluruh bagi UMKM lokal, konsumen, mitra driver dan masyarakat sekaligus mendorong pemulihan ekonomi daerah hingga nasional yang terdampak pandemi. Dengan UMKM berjaya, Indonesia bisa sejahtera,” katanya.

Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan Surabaya dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner karena banyaknya industri rumahan kuliner yang terkenal sampai ke kota-kota lain. Berdasarkan data tercatat anggota Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) Surabaya mencapai lebih dari 5000 UMKM dan merupakan kota dengan basis anggota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bandung.

“Fokus GoTo adalah untuk memberdayakan berbagai UMKM di Surabaya agar dapat tumbuh kembang. Dengan dukungan solusi digital dari GoTo bersama inisiatif seperti Sentra Wisata Kuliner dari Pemerintah Kota Surabaya, Kami percaya UMKM di Surabaya akan #BangkitBersama, makin berkembang dan tidak kalah saing dengan produk-produk brand besar,” katanya.

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan UMKM nya Kota Surabaya sudah menjadi ujung tombak ekonomi surabaya, mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Terlebih akan lahir UMKM-UMKM baru yang dibantu dengan digital. Mau tidak mau, UMKM ini akan bergerak hebat jika bermain dengan digital, apalagi dimasa pandemi ini. Karena otomatis orang akan memesan lewat digital, mau lewat Gojek atau menggunakan GoPay

“Tidak akan terjadi pergerakan UMKM kalau kita tidak berkolaborasi. Hal ini sendiri dibuktikan dengan kisah bagaimana Gojek GoPay Tokopedia ini jadi GoTo, jadi satu dan mengembangkan UMKM seperti di Sentra Wisata Kuliner ini. Ada orang pesan jadi tidak harus datang karena bisa melalui digital, jadi bisa berjualan dari rumah,” katanya.

Pada saat itu Pemerintah harus jadi fasilitator, dan harus bangkit bersama. “Bangkit bersama itu kalo buat saya ketika menggunakan GoTo ini, ketika GoTo-nya bergerak, warga Surabaya juga bergerak ekonominya. Disisi lain, kemudahan akan didapat oleh masyarakat, sehingga driver Gojek bergerak dan mendapatkan penghasilan. Disisi lain juga (pedagang) yang barangnya dibeli juga akan dapat penghasilan, sehingga semua sejahtera,” lanjut Ery Cahyadi

Head of Corporate Communication GoTo Financial, Winny Triswandhani menambahkan GoTo siap kolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk bantu pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Ditengah pemulihan ekonomi yang terus berjalan, UMKM tetap terus perlu beradaptasi di pandemi lewat berbagai kanal, salah satunya lewat solusi Offline to Online (O2O).

“GoTo Financial melalui Moka tawarkan solusi O2O terlengkap untuk UMKM meningkatkan efisiensi operasional usaha di toko offline maupun online. Di Surabaya, pertumbuhan merchant UMKM di GoTo Financial meningkat 138% dibandingkan masa pandemi. Dengan gerakan #BangkitBersama, kami berharap ekosistem GoTo dapat bantu UMKM Surabaya makin cuan,” tambahnya.

Gerakan #BangkitBersama di Surabaya, Jawa Timur, hadir dengan sederet program lengkap dan holistik serta melibatkan dan menyelaraskan tiga elemen penting dalam ekosistem GoTo, yaitu UMKM, konsumen, dan mitra driver agar tercipta hubungan selaras dan bisa memberikan manfaat kepada satu sama lain dengan dukungan teknologi dan non-teknologi bagi para UMKM agar dapat beradaptasi dan tumbuh di tengah pandemi, beragam program untuk mendorong daya beli konsumen, hingga membantu mitra driver supaya tetap produktif, sehat, dan aman.

Tidak hanya melalui program yang bersifat promosi, GoTo juga berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya juga menghadirkan beragam program pengembangan skill bagi para pelaku UMKM lewat Kelas Maju Digital Pemula. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada 11 dan 19 November 2021 mendatang dengan peserta ribuan UMKM binaan Pemerintah Kota Surabaya, baik kuliner dan non kuliner. (q cox, tama dinie)

Reply