Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Tengah Pandemi, Pemkab Tanbu Bakal Bagikan Ribuan Bibit ke TOGA

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam beberapa waktu kedepan berencana akan membagikan bibit tanaman obat keluarga (TOGA) serta bibit tanaman sayuran kepada warganya yang terdampak Covid-19.

Sedikitnya 14.000 bibit nantinya akan dibagikan. Terdiri dari bibit cabe, terong dan tomat, selwin tanaman jenis TOGA yang nantinya akan dibagikan pula yaitu serai, lengkuas, kencur kunyit dan jahe.

Tanaman sayur dan TOGA tersebut nantinya akan diserahkan kepada warga pra sejahtera yang terdampak virus Covid-19, demikian disampaikan Bupati Tanbu H Sudian Noor.

“Bibit sayuran dan TOGA ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu yang terdampak Covid-19. Diharapkan dengan dibagikannya bibit tersebut, warga bisa mengisi waktu dirumah dengan adanya tanaman sayuran tersebut. Masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang masih kosong dijadikan menjadi sesuatu yang bermanfaat,” lanjutnya.

Disamping itu lanjutnya, dengan adanya tanaman TOGA yang nanti akan dibagikan, setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan mendapat manfaatnya, sehingga bisa mewujudkan prinsip kemandirian dalam upaya pengobatan keluarga.

Untuk saat ini bibit sayuran dan TOGA tersebut berada di kebun PKK yang terletak tidak jauh dari kawasan perkantoran pemerintahan, sedang dalam masa penyemaian bibit. Setelah berukuran kurang lebih 20 hingga 30 cm atau berusia sekitar 1 bulan, maka bibit tersebut akan siap dibagikan kerumah warga terdampak yang terdata pada Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial. (q cox, Imran)

Reply