BKD Tanbu Gelar Latihan Dasar Untuk 117 CPNS

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Pelatihan Dasar (Latdas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III.

Latdas ini dilaksanakan di Kampus II BPSDMD Kalsel di Banjarbaru. Kegiatan dibuka pada Rabu (02/06/2021), berkerjasama dengan Badan Pengembagangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) melalui pola fasilitasi.

Dalam laporannya, panitia penyelenggara menyebutkan ada sebanyak 117 orang CPNS Golongan III dan 19 orang CPNS Golongan II yang mengikuti latdas. Mereka dibagi menjadi 4 angkatan, dengan waktu pelatihan jadi dua gelombang. Gelombang I dari 02 Juni hingga 26 Juli 2021 dan Gelombang II dari 07 Juni 2021 hingga 30 Juli 2021.

Adapun kegiatan latdas ada yang diselenggarakan secara on kampus maupun off campus, dengan materi diantaranya sikap perilaku bela negara, nilai dasar PNS, peran PNS dalam NKRI, habituasi dan penguatan kompetensi teknis bidang tugas.

Sementara itu Kepala BPSDMD Kalsel Muhammad Nispuani dalam sambutannya menyampaikan CPNS wajib menjalani masa percobaan dalam bentuk pelatihan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.

“Untuk itu, diperlukan pelatihan yang inovatif dan terintegrasi. Ssehingga peserta mampu menginternalisasi, menerapkan, dan mengaktualisasikan, membuatnya jadi kebiasaan (habituasi) serta membuatnya jadi kebiasaan sehingga terpatri karakter PNS yang profesional sesuai bidang tugasnya nanti,” jelas Kepala BPSDMD.

Ia berharap, setelah menjadi PNS, para peserta mampu mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultural dengan menggunakan perspektif One Government yang didasari nilai dasar PNS dalam kedudukan dan perannya sebagai pelayan masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Senada dengan hal itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kepala BKD Arif Abdurahman Karim, menyambut baik dan sangat sangat mengapresiasi pelaksanaan latdas sebagai upaya membentuk profesionalisme.

“Karena, kegiatan ini sangat penting dan strategis, sebagai upaya mengembangkan kompetensi CPNS, untuk meningkatkan pengetahuan mereka agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” sampai Bupati.

Untuk itu, Bupati berpesan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan dapat memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

Sehingga dengan bekal ilmu yang didapatkan, para peserta bisa mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Terutama, mampu mendukung program Pemerintah Daerah dalam, mengoptimalkan pelayanan publik dalam rangka mewujudkan Bumi Bersujud menuju Serambi Madinah,” tutupnya. (q cox, Imran)

Reply