NasionalPemerintahan

Dari Wilayah Terdampak, Pemkab Tanbu Buat Infografis Data Banjir

13
×

Dari Wilayah Terdampak, Pemkab Tanbu Buat Infografis Data Banjir

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Penyusunan Infografis kawasan Banjir Di Tanah Bumbu akan dilakukan, yang bersumber dari 5 Kecamatan terdampak Banjir yakni Kusan Tengah, Teluk Kepayang, Mantewe, Satui, Kusan Hulu.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kominfo) Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kabid Statistik Dan Persandian, Akhmad Sobari mengatakan. Tujuan adanya Infografis data yang disusun ini akan memudahkan informasi data yang diperoleh menjadi satu kesatuan wadah, dalam rangka menuju satu data.

“Corongnya informasi ada di Kominfo merupakan data informasi satu kesatuan di Kabupaten artinya data satu pintu. Sementara di BPBD bertugas pada teknhis penanganan banjir dan data sektoral ada pada Kominfo yang merupakan satu informasi Kabupaten,” jelasnya usai melakukan rapat Koordinasi antar SKPD terkait Penyusunan Infografis kawasan Banjir, Senin (31/05/2021) di ruang rapat Kominfo.

Dalam hal ini maka Kadis Kominfo yang akan menyampaikan tentang berapa luasan banjir yang ada di Tanah Bumbu diantaranya berapa desa berapa Kecamatan, termasuk menginformasikan berapa jumlah penduduk yang terdampak dan berapa jumlah penduduk yang mengungsi.

Kerena itu lanjutnya akan terlihat prosentasi nya dan pihak yang perduli dengan banjir termasuk stake holder.

“Disamping itu kita juga harus menghitung berapa kerugian yang terdampak secara keseluruhan dari masing masing sektor akibat dari banjir. Contoh sektor Pertanian, misalnya berapa luasan sawah yang terendam dalam hal ini sawah yang produktif. prikanan, IKM dan UMKM,” terangnya.

Dia menambahkan, Data sektoral itu merupakan tanggung jawab di masing masing SKPD.

“Misalnya kependudukan itu tanggung jawab piak Capil dan luasan sawah terendam itu adalah pertanian,” terangnya.

Dia berharap dengan, adanya rencana kedepan ini SKPD harus lebih perduli terhadap data dengan sumber informasi.

“Jadi data informasi itu tersimpan dalam sebuah sistem supaya tidak hilang, sebab kita harus punya penyanding bahwa data tahun sebelumnya bisa menjadi tolak ukur tingkat dampak banjir pertahun,
Tujuan kita bisa memberikan informasi data yang akuntable kerena Infografis ini selesai maka akan dibuatkan berita acara bahwa sumber data ini adalah bersumber dari masing masing SKPD terkait,” tutupnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *