Dekatkan Pelayanan Pada Masyarakat, Camat dan Lurah Berkantor di Balai RW

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berinovasi untuk mendekatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kota Pahlawan. Sesuai dengan instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, para Camat dan Lurah di Kota Surabaya mulai berkantor di Balai RW.

Seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Krembangan Selatan dengan membuat inovasi dan menggelar program Ngasar atau Ngantor Ashar Nang Balai RW. Kegiatan ini digelar setiap hari Selasa, mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Melalui program ini, Kelurahan Krembangan Selatan menyediakan berbagai pelayanan untuk masyarakat, seperti pengambilan KIA (Kartu Identitas Anak)dan E-KTP, pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), dan konsultasi Layanan Masyarakat.

Camat Krembangan Ario Bagus Permadi mengatakan, pihaknya berusaha untuk melayani dan mendekatkan diri kepada masyarakat. Sebab, pihaknya juga menyadari, bahwa tidak sedikit warga Kota Surabaya yang memiliki keterbatasan untuk mendatangi kantor kelurahan maupun kantor kecamatan.

“Jadi ada target administrasi kependudukan dan bantuan sosial yang harus kami capai, kemudian Pak Wali (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) juga mengarahkan kami untuk bekerja secara ikhlas dan sepenuh hati dalam melayani masyarakat,” kata Ario sapaan lekatnya, yang ditemui usai melakukan pemantauan di Balai RW 01 Jalan Bubutan DKA N0 1, Selasa (11/1/2022).

Ario mengaku, bahwa sejauh ini, pihaknya tidak mengalami kendala dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena seluruh pegawai di tingkat kelurahan dan kecamatan, telah siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Disini kami bisa bertemu, berdiskusi, dan mendapat masukan langsung dari masyarakat. Sehingga, banyak hal baru yang kami temukan di lapangan, dan tentunya membantu kami untuk meningkatkan pelayanan kepada warga,” ungkap dia.

Ditemui di lokasi yang sama, Lurah Krembangan Selatan Sumadalana menjelaskan bahwa program Ngasar yang dibuatnya, juga dibarengi dengan program cangkrukan yang digelar setiap satu bulan sekali, yakni pada hari Jumat pukul 19.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

“Ini inovasi dari kelurahan kami untuk mendekatkan pelayanan kepada warga dan dijadwal secara  bergiliran di Balai RW. Sebelumnya, kita sudah melakukan sosialisasi kepada RT/RW terkait program tersebut,” jelas dia.

Sumadalana menerangkan, bahwa pihaknya menyediakan semua layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, tidak sedikit para warga datang adalah untuk berkonsultasi tentang cara mendapat bantuan sosial (bansos).

“Ada juga yang berkonsultasi untuk mengurus adminduk karena tidak memiliki identitas,” jelas dia.

Salah satu warga Kelurahan Krembangan Selatan Suprihatini, yang datang untuk berkonsultasi mengaku sangat terbantu dengan adanya program tersebut, karena ia bisa berkonsultasi langsung dengan lurah mengenai administrasi kependudukan.

“Tadi saya berkonsultasi dengan Bu Lurah dan langsung mendapat solusi. Dengan program ini saya bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkot Surabaya, karena saya bisa mendapat pelayanan yang aman, nyaman, dan mudah,” kata Suprihatini.

Senada dengan hal itu, warga Kelurahan Krembangan Selatan lainnya, yakni Sumiati mengaku mendapat kemudahan dalam mengakses pelayanan adminduk. Kedepannya,ia berharap agar program tersebut tetap tersedia, karena memudahkan masyarakat yang memiliki kendala transportasi.

“Saya sangat terbantu sekali, pelayanan juga bagus dan cepat. Terima kasih kepada Pemkot Surabaya yang terus berinovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (q cox)

Reply