Pemerintahan

Di Libur Akhir Tahun, Pengunjung Destinasi Wisata di Surabaya Meningkat

2
×

Di Libur Akhir Tahun, Pengunjung Destinasi Wisata di Surabaya Meningkat

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kota Surabaya rupanya menjadi primadona wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Terbukti, saat liburan akhir tahun 2019, beberapa lokasi destinasi wisata di Surabaya dipadati wisatawan dari berbagai daerah. Terhitung, saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), ribuan pengunjung setiap harinya berbondong-bondong mengunjungi beberapa destinasi di Surabaya, mulai dari pantai hingga museum.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, melihat angka pengunjung yang kian meningkat, pihaknya memastikan akan lebih bersemangat lagi untuk meningkatkan pelayanan di setiap destinasinya. Seperti yang terjadi di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, yang menembus angka kunjungan mencapai 22 ribu dalam sehari.

“Itu rekor dalam satu hari pengunjung mencapai 22 ribu di THP kenjeran. Biasanya tidak sebanyak itu sekitar 19 – 20 ribu,” kata Antiek, Jumat (3/1/2019).

Antiek menjelaskan, tidak hanya THP Kenjeran saja yang ramai dikunjungi wisatawan. Namun, destinasi lain, seperti museum juga digandrungi pengunjung. Salah satunya adalah Museum Tugu Pahlawan. Selama liburan akhir tahun, dalam sehari kunjungan wisatawan ke museum ini mencapai 2.064 orang.

Bahkan, Museum Pendidikan yang baru saja diresmikan tepat November lalu, juga menjadi jujukan kedua pengunjung setelah Museum Tugu Pahlawan.

“Kunjungan kedua yang ramai yaitu museum. Terutama Museum Pahlawan jumlah pengunjungnya mencapai 2.064 per hari. Lalu setelah itu Museum Pendidikan sekitar 374 pengunjung per hari,” paparnya.

Tidak hanya itu, Antiek menyebut, destinasi wisata Sungai Kalimas juga cukup menyedot perhatian publik. Selama libur akhir tahun, jumlah pengunjung juga terhitung naik di sektor pariwisata ini. “Jumlah pengunjung yang naik perahu Kalimas kemarin sekitar 1.707,” ujarnya.

Kendati demikian, Antiek memastikan, bakal terus berupaya membuat destinasi-destinasi baru yang dapat dikelola dengan tujuan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Misalnya saja destinasi wisata Kota Lama dan Lawang Seketeng.

“Kami buat berbagai macam destinasi baru seperti Kota Lama dan Kampung Lawang Seketeng. Itu progres nya masih separuh dan nanti kami upayakan agar menjadi kampung unggulan,” kata dia.

Maka dari itu, pihaknya kembali memastikan, ke depan akan terus melakukan evaluasi agar kunjungan destinasi wisata di Surabaya terus meningkat. “Yang paling penting adalah meningkatkan pelayanan di destinasi wisata agar orang yang datang ingin datang lagi,” pungkasnya (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *