NasionalPemerintahan

Di Musrenbang 2023, Bupati Zairullah Paparkan Prospek Peningkatan PAD Tanbu

13
×

Di Musrenbang 2023, Bupati Zairullah Paparkan Prospek Peningkatan PAD Tanbu

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Ditengah pembukaan Musrenbang RKPD 2023, Bupati Tanah Bumbu dr.HM.Zairullah Azhar memaparkan berbagai prospek yang akan menunjang tambahan pendapatan asli daerah (PAD) Bumi Bersujud tersebut.

Hal strategis ke depan, Rencana pembangunan bendungan sudah dipersiapkan pihak Kabupaten berusia 19 tahun ini yang sejatinya dapat mengairi sawah ribuan hektar.

“Saat ini tinggal menunggu status alih kawasan.kalau itu sudah disetujui maka manfaat dari bendungan itu diharapkan mampu mengairi ribuan hektar ,” kata Zairullah Azhar saat membuka Musrenbang RKPD Selasa (22/03/2022) di gedung Kapet Bersujud.

Menurut dia, hasil riset dari Jepang mencatat jika bendungan yang akan dibangun dapat menghasilkan tenaga listrik dari air sebesar 110 Mega Watt.

“Kalau ini terjadi maka listriknya kita jual, listriknya sampai ke kawasan IKN yang baru, diharapkan akan mendapatkan tambahan pendapatan hingga ratusan milyaran,” paparnya.

Dalam Musrenbang itu pula, rencana ke depan Pemkab Tanbu akan mengelola potensi kelautan yakni dengan membeli kapal untuk menangkap ikan. Info yang didapat harga kapal nelayan yang akan dibeli itu sekitar 180 milyar tapi berat bobotnya sampai 8000 ton .

“Biasanya yang dimiliki nelayan di Tanah Bumbu hanya 50 Ton, tapi kalau bobot 800 ton ini bisa terjadi, kita akan mendapatkan penghasilan 1 triliun atau 500 milyar per tahun. Nanti kami akan mempresentasikan di hadapan DPR RI agar rencana ini disetujui, supaya kita bisa membuat kapal nelayan besar ini, tentu dengan harapan mampu meningkatkan pertumbuhan APBD kita.” tandasnya.

Kemudian PT Jhonlin Group yang berpusat di Tanah Bumbu ini, ke depan akan membangun pabrik minyak goreng yang sejatinya akan menyerap ribuan tenaga kerja.

“Kita berharap ,perusahaan yang dibuka pihak Jhonlin Group bisa mengurangi pengangguran dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Tanah Bumbu,” pungkasnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *