Dispersip Tanbu Launching Aplikasi SRIKANDI, Ini Pesan Bupati Zairullah Azhar

BATULICIN (Suarapubliknews) ~ Atas nama Pemerintah Daerah, Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar menyambut baik dan sangat mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) atas dilaksanakanya, launching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Kabupaten Tanah Bumbu ini.

Karena, kegiatan ini memiliki peran strategis, dalam upaya mendukung terselenggaranya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis secara baik.

“Seperti yang kita ketahui bersama, Kebijakan pengembangan dan penerapan SRIKANDI, mengacu pada Perpres 95/2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Pasal 31, dimana Aplikasi Umum ditetapkan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang aparatur negara. Dan Keputusan Menteri PAN & RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis,” kata Bupati Rabu (25/01/2023) diruang DLR Kantor Bupati.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah melakukan upaya percepatan, dalam mengimplementasikan Srikandi dengan telah memberikan pelatihan dan menyiapkan Sumber Daya Pengelola Aplikasi SRIKANDI dimasing-masing SKPD, guna mendukung percepatan tersebut SKPD menganggarkan sarana pendukung penerapan Srikandi, berupa Tablet untuk Kepala SKPD dan Laptop atau PC bagi pengelola aplikasi SRIKANDI.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen penuh, dalam mengimplementasikan penerapan SERIKANDI keseluruh SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum pada instansi Pemerintah, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan, karena setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” katanya.

Oleh karena itu, melalui momentum Launching ini, ia sangat berharap kepada seluruh Pimpinan SKPD beserta seluruh stakeholder, dapat mendukung penuh implementasi penerapan SRIKANDI pada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, serta mendukung penuh kebijakan dalam penerapan Aplikasi SRIKANDI ini dengan baik.

Sehingga nantinya, Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu segera dapat dijalankan, guna mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Tanah Bumbu yang melayani, sederhana dan akuntabel.

Kegiatan pelatihan aplikasi SRIKANDI ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan yang dijadwalkan oleh Pemerintah Daerah guna percepatan penerapan aplikasi SRIKANDI sekaligus mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Yang mana sebelumnya juga telah ditunjuk Tiga SKPD sebagai pilot project penerapan aplikasi Srikandi, yaitu Sekretariat Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika.,” Paparnya

Dalam pelatihan ini merupakan lanjutan untuk pemantapan aplikasi SRIKANDI, yang sebelumnya sudah di launching dan nantinya akan dilauncing kembali setelah pelatihan seluruh SKPD Tanbu selesai pada bulan Januari 2023 mendatang.

“Bila sudah berjalan diseluruh SKPD, aplikasi ini nantinya juga akan digunakan oleh seluruh perangkat Desa di Tanah Bumbu,” tutupnya. (q cox, Imran)

Reply