Politik

DPRD Surabaya Minta Pengelola Mall Utamakan Layanan Ramah Anak

271
×

DPRD Surabaya Minta Pengelola Mall Utamakan Layanan Ramah Anak

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Herlina Harsono Njoto anggota Komisi D DPRD Surabaya meminta kepada seluruh pengelola pusat perbelanjaan (Mal) untuk memperhatikan layanan publik (pengunjung) utamanya yang berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan anak.

Menurut Herlina, konsekuensi ini harus diambil sebagai kewajiban karena Mal menyiapkan/menyewakan tenan penjualan barang kebutuhan bahkan tempat bermain untuk pengunjung (anak), maka hak kenyamanan dan keselamatan bagi anak juga harus diberikan.

“Sejatinya pengunjung pusat-pusat perbelanjaan itu di dominasi oleh anak anak, dan anak-anak lah yang menjadi majikan, karena orang tua seperti saya juga ini lebih banyak hanya berstatus sebagai pengantar saja,” ucapnya.

Jika Mal tidak lagi bisa menjaga dan memperhatikan beberapa hal yang bisa merugikan bagi pengunjung (anak), kata Herlina, tentu para orang tua akan lebih protektif untuk menjaga anak anaknya agar mencari lokasi alternatif lain yang lebih aman (ramah anak).

“Padahal Mal tanpa pengunjung tidak akan bisa beroperasi, maka layanan ramah anak menjadi sangat penting dan harus dijaga,” jelasnya.

Disinggung soal anaknya yang infonya kehilangan ponsel di Galaxi Mall beberapa hari lalu, politisi perempuan partai demokrat ini dengan santai mengatakan jika insiden itu bisa dijadikan sebagai contoh.

“Saya mensyukuri akhirnya musibah tersebut bisa menjadi hikmah bagi banyak pihak. Adanya kejadian tersebut membuat mal-mal mau tidak mau harus berbenah memantaskan diri untuk dapat disebut ramah dan layak untuk anak anak,” jawabnya.

“Kalau itu (hp hilang) sudah menjadi urusan ayahnya, diganti (dibelikan) yang baru sudah selesai. Tetapi bukan itu persoalannnya, respon cepat dari pengelola saat ada keluhan dari pengunjung itu menjadi hal yang lebih penting, karena menyangkut layanan,” imbuhnya.

Herlina menyampaikan jika Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya akan menindaklanjuti dengan mengundang mal-mal yang ada terkait layanan untuk aduan anak di mall.

“Semisal dengan pengumuman kehilangan yang disiarkan di mall, SOP respon cepat dari pihak security dan mall, hingga kotak kehilangan jika ada barang hilang dan ditemukan. Semua ini perlu dilakukan untuk percepatan penanganan layanan perlindungan terhadap pengunjung anak2,” pungkas Herlina

Sementara Tarigan Dirut PT Sinar Galaxy, menyampaikan jika pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait, pihak kecamatan maupun dari seluruh Mall yang ada di Surabaya. “Dan saat ini kami menambah cctv yang akan ditempatkan dibeberapa titik blank spot untuk pengawasan,” tegasnya.

Dalam kejadian beberapa waktu lalu, kata Tarigan, pihaknya meminta maaf dan akan membenahi manajemen agar kejadian tersebut tidak akan diulang lagi dan manajemen akan bertindak sesuai dengan prosedur.

“Nah dengan kejadian dengan ibu dan anak kemarin itu ya memang kami mohon maaf,  Saya atas nama PT Sinar Galaxy  mohon maaf Yang sebesar-besarnya nanti setelah kejadian ini, kita akan terus berkoordinasi,” tutupnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *