Gandeng MUI Jatim, Jadi Pelapis dan Konektor Suplai Daging Ayam Potong di Musim Haji 2023

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan bahwa ada peluang pasar yang besar yang harus bisa dimanfaatkan oleh Jawa Timur. Yaitu peluang ekspor daging ayam potong untuk suplai makanan selama musim haji tahun 2023.

Ia menyampaikan bahwa saat ia melakukan kunjungan kerja ke Riyadh dan Jeddah beberapa waktu yang lalu, ia bertemu importir yang menginginkan adanya suplai ayam potong halal dari Jawa Timur.

“Saya menyampaikan ini ada peluang besar untuk bisa mengirim daging ayam potong terutama pada saat musim haji karena saya sudah bertemu importir nya yang selama ini banyak mengimpor produk  UKM  – IKM Jawa Timur. Ya sambil menghitung masa beternak ayam potong Berapa bulan, kalau Januari dapat izin masih cukup,” akunya.

Ia berharap peluang tersebut dapat dijadikan plan of action dari MUI Jatim untuk tahun 2023. Ia mengajak MUI Jatim untuk bisa mendorong dan memfasilitasi para produsen daging ayam potong untuk bisa mendapatkan sertifikasi halal dari pemerintah Saudi. Dan hal itu tentu juga akan didukung oleh BPJPH dan LPPOM pusat.

“Mudah-mudahan nanti bersama MUI ini kita bisa melakukan pelapisan dari BPJPH maupun lppom MUI untuk bisa memastikan bahwa proses perizinan untuk sertifikasi halal dari daging ayam potong Itu bisa kita dapatkan,” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada Januari 2023 mendatang akan ada banyak bussines trip yang dilakukan dari beberapa negera ke Jawa Timur. Dikatakannya bulan Januari saja  ada sekitar 4 kelompok yang memastikan akan melakukan bussines trip ke Jawa Timur.

Karena menurutnya seorang pengusaha dan investor harus benar-benar yakin terhadap produk-produk yang akan mereka beli. Caranya dengan melihat secara langsung produk – produk tertentu. Oleh karena itu, para investor dari beberapa negara itu akan melakukan kunjungan ke Jawa Timur guna melihat langsung produk-produknya.

“Tetap mereka harus ‘ainul yakin haqqul yakin, kalau saya bilang itu seeing is beliving, kalau saya melihat maka saya percaya Mereka ingin pastikan termasuk mereka akan rencana investasi dan itu mereka harus ke Jawa Timur, insyaallah bisnis trip di bulan Januari ini ada banyak,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum MUI Prov. Jatim Moh. Hasan Mutawakkil Alallah menyampaikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Gubernur Jatim telah banyak sekali memberikan dukungan kepada MUI Jatim.

Sehingga pada musyawarah kerja MUI Pusat MUI Jatim mendapatkan penghargaan sebagai MUI terbaik pertama. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Jawa Timur, kepada Ibu Gubernur atas dukungannya selama ini kepada MUI Jatim,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah menyaksikan penyerahan Anugerah MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 Kategori Bidang Manajemen Organisasi Akreditasi MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 diberikan kepada kepada Ketum MUI Kab. Gresik yang diserahkan oleh Prof. Dr. KH. Abd Halim Soebahar, MA.

Kategori Bidang Pelayanan Akreditasi MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 diberikan kepada Ketum MUI kab. Banyuwangi yang diserahkan oleh Prof. Dr. KH. Thohir Luth, MA. Kategori Bidang Inovasi dan Kepeloporan Akreditasi MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 diberikan kepada Ketum MUI Kota Batu yang diserahkan oleh KH. Athoillah Solahudin S Anwar.

Kategori Bidang Kerjasama Akreditasi MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 diberikan kepada Ketum MUI Kota Surabaya yang diserahkan oleh Nyai Dr. Hj. Masruroh Wahid. Kategori Bidang Dukungan Pemerintah Daerah Akreditasi MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 dianugerahkan kepada kepada Ketum MUI Kab. Pasuruan dan diserahkan oleh Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa, M.Si.

Kemudian Juara Umum Akreditasi MUI Se-Jawa Timur Tahun 2022 dianugerahkan kepada Ketum MUI Kab. Gresik dan diserahkan oleh KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah. Kepada MUI Kabupaten Kota yang mendapatkan penghargaan, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi berupa 1 unit laptop kepada masing-masing pemenang akreditasi MUI Jatim award. (Q cox, tama dini)

Reply