Gubernur Jatim Apresiasi Program Unggulan PT Pos Indonesia

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan Kepala Kantor Regional PT Pos Indonesia Jawa Timur, Dino Ariadi di Grahadi Surabaya, Selasa (24/)1)

Dalam pertemuan tersebut, Dino Ariadi memaparkan, pertama tentang program PT Pos Indonesia untuk membantu proses percepatan digitalisasi sistem pembayaran di setiap pasar-pasar yang ada di wilayah Jawa Timur.

Kedua tentang program peningkatan 3 juta UMKM oleh PT Pos Indonesia bagi UMKM yang ada wilayah Jawa Timur. Ketiga pembangunan Pos Bloc di Jawa Timur, dimulai di Kantor Pos Besar Surabaya. Pos Bloc ini adalah pusat kreatif anak muda dan pelatihan, stand UMKM dan fasilitas lainnya.

“Kami dari PT Pos Indonesia Jawa Timur mencoba membantu percepatan sistem pembayaran digital dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi pedagang pasar tradisional dan telah dilakukan di Nganjuk ada 2 pasar yang sudah diresmikan. Program lainnya 3 juta UMKM naik kelas yang difasilitasi PT Pos Indonesia dan satu lagi yaitu pembangunan Pos Bloc di Kantor Pos bagi UMKM dan tempat diskusi kreatif anak muda,” paparnya.

Gubernur Khofifah mengapresiasi program – program PT Pos Indonesia Jawa Timur dalam membantu percepatan sistem digitalisasi pembayaran dengan melakukan edukasi langsung terutama kepada pedagang pasar tradisional. Harapannya program ini juga merambah seluruh pasar di kabupaten kota lainnya di Jatim.

Relevan dengan program PT Pos Indonesia Jawa Timur, Gubernur Khofifah mengungkapkan, dari hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 mencatat Indeks Literasi Keuangan Jatim telah tembus 55,32% dan untuk Indeks Inklusi Keuangan Jatim telah mencapai 92,99%.

Tentang program fasilitasi 3 juta UMKM naik kelas dari PT Pos Indonesia menggandeng PT. Telkom yaitu laman Pasar Digital (PaDi) UMKM. Gubernur berharap PT Pos Indonesia Jawa Timur bisa membantu melakukan kurasi bagi UMKM Jawa Timur, sehingga bisa bersaing di platform pasar digital online. Untuk pembangunan Pos Bloc di Kantor Pos fasilitasi bagi UMKM dan pasar kreatif ini, di Surabaya rencana di Kantor Pos Besar Surabaya, Jl. Kebon Rojo Surabaya.

“Pokoknya keren program PT Pos Indonesia Jawa Timur ini, untuk selanjutnya seperti permintaan PT Pos Indonesia kita adakan MOU dengan Perangkat Daerah Pemprov Jatim sehingga program PT Pos Indonesia Jawa Timur bisa kita masukkan dalam program Perangkat Daerah. Tentang pembukaan Pos Bloc ini jika bisa diresmikan sebelum bulan puasa, maka bisa menjadi tempat ngabuburit bareng,” katanya. (q cok, tama dini)

Reply