Jatim RayaPemerintahan

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Baru Dinas ESDM Jatim Berkonsep Co Working Space

31
×

Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Baru Dinas ESDM Jatim Berkonsep Co Working Space

Sebarkan artikel ini

SURABAYA, (Suarapubliknews) ~ Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung Baru Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Prov Jatim di Jalan Tidar No. 123 Surabaya, Selasa (14/2).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Khofifah didampingi Sekretaris Daerah Prov Jatim Adhy Karyono dan Kepala DESDM Prov Jatim Nurcholis. “Alhamdulillah gedung  kantor DESDM dan Masjid Nurul Hayat ini akhirnya selesai dibangun. Mudah-mudahan bisa membangun semangat lebih baik dan kinerja lebih baik,” ujarnya.

Gedung perkantoran yang didesain dengan memadukan konsep Co Working Space tersebut diharapkan Gubernur Khofifah dapat semakin meningkatkan kinerja birokrasi yang makin cepat, efektif , efisien, transparan, akuntabel dan responsif  serta mendorong lahirnya berbagai  inovasi DESDM Jatim. Konsep gedung tersebut akan dapat mendukung pola kerja sistemik berbasis digital.

“Bekerjanya sudah tidak menggunakan arsip (manual) dan ruang pelayanan publik yang nyaman menjadi prioritas. Oleh karena itu di sini juga ada tempat outdoor yang cozy untuk konsultasi dan sebagainya,” imbuhnya.

Gubernur Khofifah juga berharap agar DESDM bisa bersinergi dengan berbagai sektor seperti SKK Migas dan PLN. Semuanya harus menyatu dalam sebuah sinergi yang makin memberi manfaat besar bagi masyarakat Jatim.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono mengatakan bahwa pembangunan gedung DESDM ini dalam rangka menunjang pelayanan yang prima.”Kita kan menyesuaikan kewenangan yang sudah diluncurkan dari pusat untuk perizinan pertambangan maka di sini harus memiliki pelayanan yang prima salah satunya dari sarana dan prasarana. Agar klien atau customer kita juga terlayani dengan baik,” ujarnya.

Menurut Adhy, tahun ini Pemprov Jatim berencana meresmikan 10 gedung baru. Salah satunya gedung DESDM. Gedung-gedung ini dibangun semata-mata untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

Dalam laporannya, Kepala Dinas ESDM Prov Jatim Nurcholis menyampaikan bahwa gedung baru ini memiliki 3 bagian utama. Pertama adalah kantor, aula dan masjid. “Masjid ini juga diberi nama oleh Ibu Gubernur dengan nama Masjid Nurul Hayat (Cahaya Kehidupan). Di sini juga hadir Dirut Bank Jatim yang nantinya akan membangun atm disini, juga ada GM UID PLN Jatim yang akan merekayasa kabel yang masih menggantung dan juga ada SKK Migas yang akan memasang genset di sini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, gedung ini dibangun melalui anggaran Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 1,689 milyar pada Tahun Anggaran 2020 dan selanjutnya dianggarkan kembali pada APBD 2022 sebesar Rp 34,058 miliar untuk merealisasikan pembangunan fisiknya.

Gedung Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral ini dibangun di atas lahan seluas 4.669 m2 yang dipergunakan untuk kantor utama dengan luas 3.072 m2 terdiri dari 6 lantai dan 1 lantai rooftop.  Fungsi di dalamnya terdiri dari area lobby, ruang gallery, ruang kerja untuk 4 bidang dan sekretariat, ruang meeting, serta dilengkapi juga dengan lift.

Untuk melengkapi fasilitas peribadatan, pembangunan masjid juga dilaksanakan pada area gedung baru Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Masjid dengan luasan 234 m2 dan terdiri dari 2 lantai ini diberi nama Masjid Nurul Hayat. 

Area gedung baru Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral ini juga dilengkapi dengan area parkir motor dan mobil serta lanskap taman yang asri dengan total luasan 2.880 m2 sehingga kini masyarakat dapat dengan mudah mengakses parkir kendaraan di area ini. Selain itu juga gedung baru ini telah dilengkapi pula dengan rumah genset, panel dan pompa di sebelah barat. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *