Gubernur Khofifah Serahkan Penghargaan Di bidang Lingkungan

KAB. PASURUAN (Suarapubliknews) – Festival Mangrove Jawa Timur ke-I Tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jatim. Festival ini sebagai implementasi Kesepakatan Bersama Pemprov Jatim dan Yayasan Gajah Sumatera (YAGASU) tentang Pemulihan Ekosistem di Provinsi Jatim. Hal ini juga telah ditindaklanjuti melalui Perjanjian Kerjasama antara Dinas Kehutanan Jatim berupa kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan serta pemberdayaan masyarakat sekitar hutan.

YAGASU sendiri merupakan badan amal dengan lebih dari 19 tahun pengalaman praktis dalam konservasi keanekaragaman hayati, restorasi dan perlindungan ekosistem, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Kemudian peningkatan kapasitas dan rekontruksi ekonomi lokal melalui fasilitasi untuk peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat dari mata pencaharian hijau.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga melakukan pelepasliaran burung Pecuk dan Ibis sejumlah 10 ekor, pelepasliaran ikan dan kepiting, peninjauan pameran produk turunan olahan mangrove berupa makanan dan minuman, serta fashion show batik dengan bahan pewarna alami tanaman mangrove. Ada juga pengobatan gratis dan imunisasi bagi balita masyarakat sekitar kawasan mangrove.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah turut menyerahkan sejumlah penghargaan. Yakni Pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Tahun 2022 Kategori Penyuluh ASN, Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Kategori Kelompok Tani Hutan (KTH), Kategori Pencinta Alam (KPA), dan Kategori Kader Konservasi Alam (KKA).

Kemudian penghargaan bagi Pemerintah Kabupaten dalam mendukung Pembinaan  Rehabilitasi Ekosistem Mangrove, Penyuluh Kehutanan, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Kelompok Tani Hutan, Kader Konservasi Alam, dan Kelompok Pecinta Alam di Jawa Timur.

Beberapa Bupati yang menerima penghargaan diantaranya Bupati Pasuruan sebagai Pembina Rehabilitasi   Ekosistem Mangrove, Bupati Ponorogo Pembina Kelompok Pencinta Alam (KPA) Bupati Mojokerto sebagai Pembina Penyuluh Kehutanan, Bupati Jombang sebagai Pembina Kelompok Tani Hutan (KTH), Bupati Pamekasan (diwakili Wabup) sebagai Pembina Kader Konservasi Alam (KKA), dan Bupati Malang (diwakili Wabup) sebagai Pembina Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyrakat (PKSM).

Para insan teladan rimbawan Jawa Timur juga telah mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur pada perlombaan wana lestari tingkat nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2022.

Dimana Provinsi Jatim berhasil menyabet juara umum dengan capaian juara 1 untuk 4 kategori yaitu Kelompok Tani Hutan, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Kelompok Pecinta Alam dan Kader Konservasi Alam dan juara 2 untuk kategori Penyuluh Kehutanan ASN. Dalam kesempatan ini, Gubernur Khofifah juga turut menyerahkan sembako kepada masyarakat sekitar. (Q cox, tama dini)

Reply