Hadapi PON XX Papua, Pengprov FHI Datangkan Pelatih Mantan Atlet Hockey Barcelona

SURABAYA (Suarapubliknews) – Hadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Pengurus Provinsi Federasi Hockey Indonesia (Pengprov FHI) Jawa Timur datangkan mantan atlet Hockey Olympiade Barcelona sebagai pelatih.

Mantan pemain Timnas Hockey asal Australia, Dean Evans dipilih oleh Pengprov FHI Jatim, karena Dean sendiri sudah terbiasa menghadapi kompetisi Internasional seperti Olimpiade, maupun Piala Dunia Hockey.

Ketua Pengprov FHI Jatim, Michael Donnie Gunawan mengatakan, jika Dean ini punya program yang bagus untuk menghadapi kompetisi Internasional, apa lagi untuk tingkat Nasional. Selain itu, Dean dan juga para atlet Hockey yang dipersiapkan untuk PON, sudah beradaptasi.

“Jadi kita dari tim Hockey Jawa Timur, untuk persiapan PON, kita mengikuti 3 nomor, indoor putera-puteri, dan outdoor putera, dan selama ini kita berlatih terus menerus, dan kebetulan dari KONI Jatim juga mensupport kegiatan kami, yakni Ketua Umum KONI Jatim Pak Erlangga, kita didukung dengan mendatangkan pelatih (Hockey) dari Australia, mantan pemain dunia juga, Silver Olympic dan Gold Medal World Cup Hockey,” kata Donnie, Senin (17/2/2020).

Dengan kedatangan pelatih asing, yakni Dean Evans dan Marc Pyke, Hockey Jatim ditargetkan tinggi oleh KONI Jatim. FHI wajib membawa pulang 3 medali emas di 3 nomor tersebut.

“Dengan kedatangan pelatih ini, kita ditargetkan dengan 3 medali emas. Untuk persaingan kita Jawa Barat dan DKI Jakarta. Sementara untuk outdoor Kalimantan,” imbuhnya.

Saat ditanya perkembangan dari Hockey di Jawa Timur, Donnie mengatakan, bahwa perkembangannya sangat lumayan. Setelah beberapa kali gagal masuk ke PON, kali ini Hockey Jatim bisa lolos 3 nomor.

“Hockey selama ini baru membangun ya, memang selama ini kami enggak pernah lolos, untuk PON ini kami bisa lolos 3 nomor. Kami optimis, dengan adanya pelatih asing ini,” terang Donnie.

Sementara itu, terkait program-programnya, Donnie memastikan sudah memegang program yang sudah disusunnya bersama Dean Evans dan juga Marc Pyke.

“Selain itu kami ada schedule program, 1 tahun sampai dengan PON. Jadi diawal ini kami masih training dengan pelatih Dean Evans dari Australia, untuk uji coba, nanti rencana bulan April akan uji coba, untuk bulan Juni kita akan ada training camp di Australia 10 hari. Di situ kami akan bermain dan berlatih dengan pemain-pemain Australia,” jelasnya.

Di waktu yang sama, Dean Evans menambahkan, bahwa kualitas pemain Hockey Jatim yang dipersiapkan untuk PON masih setengah perjalanan. Namun ia optimistis jika para pemain ini bisa maju secara pesat nantinya, jika dilihat dari usia para pemain saat ini.

“Progresnya masih setengah. Nanti saat menghadapi kompetisi (PON), kualitas mereka akan setingkat pemain Internasional. Apa lagi mereka saat ini masih muda sekali,” pungkasnya. (q cox, And)

Reply