Jaga Kehandalan Pasokan Gas Bumi, PGN – PIS Sinergi Pemanfaatan Moda Transportasi LNG

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas dan PT Pertamina International Shipping (PIS) berkolaborasi dalam kerjasama transportasi Liquified Natural Gas (LNG) menggunakan kapal LNG cargo dari Terminal LNG Bontang guna menjaga kehandalan pasokan gas bumi. LNG dari Bontang diangkut menggunakan kapal dengan kuantitas muat ±138 ribu M³ menuju LNG Terminal FSRT Lampung.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, LNG dari Bontang akan disalurkan untuk mendukung penyediaan gas untuk PHR karena adanya Turn Around (TAR) PHE Jambi Merang selama 10 hari. PGN membantu menyediakan gas yang bersumber sebesar ±40.000 M³.

“Dengan adanya supply LNG dari Bontang ini, maka kehandalan suplai gas bumi PGN ke pelanggan semakin terjaga. Kerjasama ini juga menjadi bukti kesuksesan transformasi Holding Migas lewat kolaborasi PGN subholding gas dan PIS sebagai Subholding Integrated Marine Logistics untuk menjaga produksi Pertamina Hulu Rokan, sehingga solusi penyediaan energi domestik di lingkup Pertamina Group semakin handal,” ujar Faris, (20/10/2022).

Lebih lanjut, Faris menjelaskan bahwa penyediaan kapal LNG Cargo yang disediakan oleh PIS merupakan aktivitas yang penting dalam memenuhi kebutuhan gas ke Pertamina Hulu Rokan dan wujud dari upaya pemenuhan energi dengan skema virtual pipeline.

“PIS akan melayani PGN sebaik mungkin agar pelayanan gas bumi PGN dapat berjalan baik. Selain itu PIS juga melayani Nusantara Regas dengan pelayanan yang kompetitif baik dari segi servis maupun harga,” ujar Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PIS, Surya Tri Harto.

PGN pun telah menjalankan mandat dari Holding Migas Pertamina untuk mengelola utilisasi LNG milih Pertamina secara end to end. Maka, pembelian LNG langsung dari PGN untuk PHR menumbuhkan milestone penting dalam bisnis LNG Subholding Gas.

“Sinergi PGN dan PIS dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masing-masing dan penyediaan gas bumi ke pelanggan, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Pertamina Group dalam menyediakan energi untuk negeri,” pungkas Faris. (q cox)

Reply