Jasa Marga dan UI Tandatangani MoU Tentang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) untuk menjajaki kerjasama pengembangan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, bisnis jalan tol ke depannya akan semakin menantang untuk mencapai target pembangunan infrastruktur. Selama lima tahun terakhir, Jasa Marga konsisten dalam melakukan ekspansi bisnis dengan membangun lebih dari 600 Km jalan tol baru, sehingga total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang beroperasi saat ini mencapai 1.260 Km dengan total konsesi jalan tol sepanjang 1.809 Km.

“Kami juga tidak akan berhenti untuk terus berinovasi dan berkembang. Di era disrupsi yang jauh lebih menantang ini, Jasa Marga perlu lebih adaptif dan inovatif dalam merespon perkembangan zaman, salah satunya dengan membentuk sumber daya manusia yang unggul di industri jalan tol yang dapat terwujud melalui kerjasama antara Jasa Marga dengan UI,” katanya.

Bentuk kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan secara sirkuler oleh Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur dan Rektor UI, Ari Kuncoro.

Jasa Marga dan UI melalui penandatanganan MoU ini nantinya akan menjajaki potensi kerja sama dan kolaborasi tentang peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pengembangan teknologi.

Subakti berharap, dengan berkolaborasi dengan UI, Jasa Marga dapat terus berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia, membawa pembaruan dari inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan dalam rangka menghadirkan infrastruktur jalan tol yang andal dan berkualitas, sejalan dengan Visi Misi Jasa Marga.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., mengatakan UI siap untuk membantu dalam penguatan kapasitas SDM, menyusun kajian pengembangan teknologi, berbagai perumusan kebijakan (policy brief) terkait industri strategis serta kerja sama bidang pembangunan infrastruktur, dan program lainnya.

“Berbagai riset dan inovasi yang dikembangkan periset UI juga diharapkan dapat disinergikan dengan program-program yang mendukung industri jalan tol andal, aman dan nyaman, berwawasan lingkungan serta berkelanjutan,” katanya.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Jasa Marga dan UI memiliki ruang lingkup yang mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pelatihan, penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar dan lokakarya, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, teknologi dan inovasi, implementasi kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.

Penandatangan MoU ini merupakan yang kerjasama yang ketiga antara Jasa Marga dengan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia di tahun ini. Sebelumnya Jasa Marga telah melakukan kerjasama dengan Institute Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Sejumlah kerjasama ini diharapkan dapat membantu Perseroan dalam mewujudkan upaya jalan tol berkelanjutan serta dapat memaksimalkan peran dan kontribusi para pihak bagi Bangsa dan Negara. (Q cox, tama dini)

Reply