BisnisNasional

Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition 2022

28
×

Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition 2022

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar Roadster Rescue Competition (RRC) Tahun 2022. Ajang ini merupakan kompetisi tahunan sekaligus diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Jasa Marga.

Kegiatan RRC bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Roadster, sebutan untuk karyawan Jasa Marga, dalam menangani situasi kecelakaan lalu lintas di jalan tol, baik secara teknis maupun medis.

Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan, RRC Tahun 2022 merupakan ajang RRC yang kembali diadakan dalam kondisi pandemi COVID-19 sehingga seluruh peserta wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama kegiatan berlangsung.

“Dengan diselenggarakannya kompetisi ini secara tahunan, kami berharap bisa meningkatkan kompetensi dan kesiapsiagaan dalam menangani kecelakaan lalu lintas di jalan tol, khususnya di masa pandemi ini yang membutuhkan perlakuan khusus dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya

RRC Tahun 2022 adalah RRC ke-19 yang diadakan oleh Jasa Marga dan mengusung tema _”Safety and Quick Action for Best Services.”_ Tema ini sesuai dengan prinsip utama Jasa Marga dalam memberikan pelayanan terbaiknya yang aman, cepat dan tepat terutama saat menangani pengguna jalan yang mengalami gangguan perjalanan atau kecelakaan di jalan tol.

RRC Tahun 2022 merupakan kali pertama diselenggarakan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku anak usaha Jasa Marga _service provider_ bidang pengoperasian jalan tol.

Direktur Utama PT JMTO A.J Dwi Winarsa mengatakan, RRC 2022 diadakan oleh PT JMTO untuk memantapkan kesiapsiagaan petugas dalam menangani gangguan perjalanan atau kecelakaan di jalan tol, menguji kompetensi, keterampilan hingga pemahaman prosedur penanganan pelayanan lalu lintas, secara tepat dan benar.

“Semakin bertambahnya panjang jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga dan meningkatnya volume lalu lintas yang dilayani, maka semakin besar pula potensi kendaraan yang akan mengalami gangguan lalu lintas atau kecelakaan. Di tahun ini, kami menggelar rangkaian kompetisi di semua ruas pengoperasian Jasa Marga Group di seluruh Indonesia dengan total 37 peserta,” ujarnya.

Pelaksanaan kompetisi RRC 2022 dibagi menjadi 4 Area yaitu Area Jabotabek, Area Jawa Tengah, Area Jawa Timur, dan Area Sumatera. Kompetisi ini digelar dalam dua babak, yang terdiri dari Babak Penyisihan yang akan dilaksanakan secara offline di masing-masing area sejak awal Februari dan Babak Final yang dilaksanakan _offline_ secara terpusat di Buperta Cibubur pada akhir Februari lalu untuk 6 (enam) tim terbaik hasil seleksi dalam Babak Penyisihan.

Tim juri pada RRC 2022 kali ini berasal dari tenaga ahli profesional yang sangat berpengalaman di bidang teknik evakuasi, penyelamatan dan penanganan kecelakaan, yang diketuai oleh Wiyono Minarno dari Indonesia Fire Rescue.

Tim juri untuk berbagai teknik tersebut terdiri dari tim juri nasional diantaranya Abid Damar Waskita dari Pertamina Hulu Mahakam, Winston Karamoer dari Freeport Indonesia serta juri internasional yang bertugas sebagai tenaga ahli _rescue,_ Ian Fulton dari Australia, Franks Poels dan Roel Timmermans dari Belanda.

Selain itu, tim juri juga dilengkapi dengan tim tenaga ahli medis baik nasional maupun internasional yaitu Peter Van ‘T Wout dari Belanda dan Dr Gustav dari tim Revitalisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ruas Semarang-Solo meraih juara 1 untuk Roadster Rescue Competition 2022. Sementara itu, untuk posisi Juara II diraih oleh Ruas Pandaan-Malang dan Juara III diraih Ruas Padaleunyi.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Roadster Rescue Competition 2022 :
Juara I Ruas Semarang-Solo
Juara II Ruas Pandaan-Malang
Juara III Ruas Padaleunyi
Juara Harapan I Ruas Gempol-Pandaan
Juara Juara Harapan II Ruas Solo-Ngawi
Juara Juara Harapan III Ruas Semarang-Batang. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *