Nasional

Jasa Marga Raih Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

22
×

Jasa Marga Raih Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – Operator jalan tol terbesar di tanah air PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali mendapat pengakuan publik. Yang terbaru, Jasa Marga menempati peringkat ke-28 dari 100 brand dalam ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan pihaknya merasa bangga menempati peringkat ke-28 penghargaan dalam Top 100 Indonesia Most Valuable Brand 2019 dengan Brand Value $255 juta.

“Hal ini menggambarkan bahwa Jasa Marga terus bertumbuh di atas rata-rata industri dan kami berada pada bisnis yang prospektif di masa depan. Tidak kalah penting, kekuatan brand kami tertancap dalam persepsi publik, melalui pengembangan produk, peningkatan kualitas pelayanan dan strategi komunikasi. Ke depannya, kami akan terus meningkatkan performance ukuran-ukuran ini agar brand kami makin terdongkrak nilainya,” katanya.

Malam penganugerahan Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019 berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, penghargaan langsung diberikan dari Group Chief Editor Swa Kemal E. Gani dan Managing Director Brand Finance Asia Pacific Samir Dixit.

Dalam sambutannya, Kemal menyampaikan, ajang ini sudah berlangsung sejak tujuh tahun lalu. Penghargaan ini, tambahnya, merupakan apresiasi kepada perusahaan dan merek dengan nilai valuasi tertinggi di Indonesia.

Ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019 sendiri diselenggarakan oleh Swa Network bekerja sama dengan Brand Finance, sebuah perusahaan brand valuation dan strategic consulting yang bermarkas di London, dengan representative offices di lebih dari 20 negara di seluruh dunia.

Pada ajang Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019, Jasa Marga memperoleh skor Brand Strength Index (BSI) 79,86 (skala 0 hingga 100) dengan Brand Rating AAA yang berarti termasuk Extremely Strong. Brand Rating ini meningkat daripada tahun lalu, yakni AA+. Sementara itu, Brand Value Jasa Marga tahun ini sebesar $255 juta. Angka tersebut meningkat 9% dibandingkan tahun lalu, yakni $235 juta.

Untuk mendapatkan nilai merek dalam Brand Finance Top 100 Indonesia Most Valuable Brands 2019, proses penilaian dilakukan dengan mengikuti sejumlah tahap, seperti menghitung kekuatan merek dengan menggunakan balanced scorecard menentukan kisaran royalti untuk setiap industri.

Kemudian menghitung tarif royalti, menentukan pendapatan merek dengan memperkirakan proporsi pendapatan perusahaan induk yang dihasilkan suatu merek, menentukan proyeksi pendapatan dengan menggunakan fungsi pendapatan historis, perkiraan analis ekuitas, dan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Dan menerapkan tarif royalti ke proyeksi pendapatan untuk memperoleh pendapatan merek dan pendapatan merek didiskontokan setelah pajak menjadi Net Present Value yang menghasilkan brand value. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *