Jelang Nataru, PT Jasamarga Transjawa Tol Selenggarakan Gelar Pasukan Siaga Operasional

SEMARANG (Suarapubliknews) – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selenggarakan acara Gelar Pasukan Satuan Tugas (Satgas) Siaga Operasional Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Acara Gelar Pasukan Siaga Nataru yang dihadiri oleh jajaran Direksi Anak Perusahaan, para General Manager Representative Office PT Jasamarga Transjawa Tol serta pejabat lainnya ini dilaksanakan serentak Jumat, 16 Desember 2022 di perwakilan kantor wilayah masing-masing.

Direktur Utama PT Jasamarga Transjawa Tol Rudi Kurniadi mengatakan kondisi lalu lintas jelang Nataru. “Seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin membaik, maka aktivitas dan mobilitas masyarakat juga terus mengalami peningkatan, khususnya pada momen Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” ujarnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan oleh seluruh Tim Satgas Jasamarga Transjawa Tol Siaga Operasional Nataru diantaranya yaitu memastikan kesiapan pelayanan operasional di gerbang tol, rest area, dan sepanjang tol Trans Jawa yang dikelola oleh PT JTT, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan melakukan pemantauan dan pengendalian titik rawan.

Sesuai prediksi Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bahwa potensi pergerakan Nasional pada perayaan Nataru mencapai 16,35% dari jumlah penduduk. Data pergerakan Nasional ini lebih tinggi dibandingkan Nataru tahun lalu sebesar 13%.

Dalam menghadapi lonjakan kendaraan arus mudik dan balik Nataru, PT Jasamarga Transjawa Tol telah menyiapkan berbagai layanan yaitu di bidang transaksi, lalu lintas, preservasi dan rest area. PT Jasamarga Transjawa Tol juga menyediakan 3 Posko Siaga Nataru yang berlokasi di Kantor Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kantor Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan Kantor Gerbang Tol Warugunung Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Untuk memberikan layanan yang maksimal, PT Jasamarga Transjawa Tol terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait demi mewujudkan mudik aman dan sehat sesuai dengan arahan Pemerintah, terutama bagi para pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan mudik dan balik selama libur Nataru baik dari arah Barat hingga Timur pulau Jawa dan sebaliknya.

Dalam upaya peningkatan layanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, PT Jasamarga Transjawa Tol melakukan pengaturan ulang GT Cikampek Utama, fungsional pelebaran Ruas Jakarta-Cikampek (KM 50-KM 60), penambahan bukaan u-turn di KM 71 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, penambahan Informasi Estimated Time of Arrival (ETA) dan Rest Area pada DMS, pemasangan Radar Traffic Counting di ruas tol Trans Jawa, pembangunan masjid baru di Rest Area 207 A, pengaturan ulang Rest Area 389 B dan Rest Area 725 A, penambahan derek Ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C, pelebaran akses u-turn Ruas Jalan Tol Semarang-Solo, peningkatan kapasitas GT Karanganyar, peningkatan kapasitas GT Madiun, fungsional pelebaran Segmen Sidoarjo-Porong Ruas Tol Surabaya-Gempol dan penambahan unit CCTV ruas jalan tol Trans Jawa.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan.

Di wilayah Jawa Barat, Gelar Pasukan Satgas Nataru diselenggarakan di halaman Kantor Representative Office (RO) 1 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, untuk wilayah Jawa Tengah diselenggarakan di halaman Kantor PT Jasamarga Semarang Batang sedangkan untuk wilayah Jawa Timur diselenggarakan di halaman Kantor PT Jasamarga Surabaya Mojokerto.

Direktur Utama PT Jasamarga Transjawa Tol Rudi Kurniadi bersama Direktur Bisnis JTT Pratomo Bimawan Putra serta didampingi para Direksi dan General Manager wilayah Jawa Tengah, hadir secara langsung mengikuti Gelar Pasukan wilayah Jawa Tengah. (Q cox, tama dini)

Reply