Kemah di Hutan Kota Balas Klumprik, Dinkes Surabaya Beri Wawasan Kesehatan Pramuka

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya kembali menggelar kegiatan Aksi Arek Saka Bakti Husada (ASAHBAYA) Tahun 2022 di Hutan Kota Balas Klumprik Kecamatan Wiyung Kota Surabaya, Sabtu (5/11/2022). Yakni, kegiatan perkemahan untuk memberikan keterampilan dan pengembangan dunia kesehatan, khususnya dalam bidang promosi kesehatan.

Meski sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid – 19, kini Dinkes Kota Surabaya semakin fokus untuk menambah wawasan peserta terkait penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah dan keluarga.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Kartika Sri Rejeki mengatakan, selain memberikan wawasan dan pengalaman kepada anggota Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Kota Surabaya dalam keterampilan dan pengembangan dunia kesehatan, pihaknya juga berupaya menciptakan regenerasi Dewan Saka Bakti Husada yang baru.

“Tentunya mempererat tali silaturahmi dan kerjasama antar anggota, kami juga menggelar ajang kompetisi untuk mengasah kemampuan peserta dalam krida – krida Saka Bakti Husada. Serta meningkatkan kualitas SDM anggota Pramuka, dan wawasan tentang dunia kesehatan khususnya kegiatan promotif dan preventif,” kata Kartika.

Kartika menjelaskan, Aksi Arek Saka Bakti Husada diikuti oleh 282 peserta ini terdiri dari 220 anggota Saka Bakti Husada yang berasal dari 22 pangkalan, 40 anggota Dewan Saka Bakti Husada, dan 22 Pembina Saka Bakti Husada. Kegiatan perkemahan tersebut digelar selama dua hari, pada 5 – 6 November 2022.

“Materi yang diberikan ada pelatihan PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) karena Satuan Karya Pramuka Bakti Husada fokus pada bidang kesehatan,” jelas dia.

Di sisi lain, para peserta juga akan melakukan kunjungan di perumahan warga di kawasan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Dalam kunjungan tersebut, para peserta akan melakukan sosialisasi terkait penerapan PHBS.

“Kami telah berkoordinasi dengan Camat Wiyung, karena akan mengadakan penjelajahan dan kunjungan ke rumah – rumah warga sekitar untuk mensosialisasikan penerapan PHBS. Serta, memberikan penjelasan mengenai gizi, kesehatan ibu dan anak, hingga manfaat tanaman obat keluarga (toga),” ujar dia.

Karenanya, Kartika berharap melalui kegiatan Saka Bakti Husada Tahun 2022 kali ini, para peserta bisa menggencarkan penerapan PHBS di lingkungan sekolah maupun keluarga, serta melakukan pertolongan pertama dalam keadaan gawat darurat.

“Dengan mengikuti kegiatan Saka Bakti Husada, bisa menangani terkait kesehatan dan menerapkan PHBS untuk life skill (keterampilan) mereka menuju dewasa,” pungkasnya. (Q cox)

Reply