Komitmen Sampoerna Untuk UMKM, Bentuk Dukungan Bangkitkan Perekonomian

JAKARTA (Suarapubliknews) – Sampoerna menyadari pentingnya peranan sektor UMKM dalam perekonomian masyarakat, khususnya di saat pandemi. Untuk itu, rangkaian acara Festival #SampoernaUntukUMKM ini diusung sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. UMKM adalah kunci untuk memutar roda perekonomian bangsa yang telah memberikan dampak terhadap sosial dan ekonomi.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat  mengatakan merupakan suatu kebanggaan dapat menjadi inkubator bagi lahirnya pelaku-pelaku baru yang handal dan unggul di sektor UMKM.

“Kami berharap teman-teman UMKM yang mengikuti pelatihan dapat turut menjadi penopang bagi perekonomian Indonesia. Kami juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat mulai dari para mentor, fasilitator, dan para dewan juri yang telah membimbing para pelaku UMKM binaan Sampoerna tanpa kenal lelah selama pelatihan berlangsung,” katanya.

Festival #SampoernaUntukUMKM t yang diinisiasi oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Sampoerna untuk Indonesia (SUI) dan Yayasan BEDO, telah memilih dua UMKM sebagai pemenang.

Mereka berhasil lolos dari berbagai tantangan yang diberikan selama masa pelatihan digital sejak pertengahan November 2020. UMKM pemenang festival ini diharapkan dapat menjadi inspirasi para pelaku UMKM lainnya menjadi wirausahawan handal dan unggul.

Kedua pemenang, yakni Ismiyati yang bergerak di bidang makanan minuman, dan Dyah Yesnita di bidang fashion, selain membawa pulang hadiah berupa voucher belanja, paket data internet, dan lainnya, keduanya juga mendapatkan dukungan berupa bedah dapur, konsultasi dan pendampingan bisnis berkelanjutan serta kesempatan untuk memperluas akses pasar.

Program pembinaan serta pendampingan UMKM Sampoerna ini merupakan bagian dari program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dan Sampoerna Retail Community (SRC).

Ketua panelis juri Muhammad Satrianugraha mengaku turut bangga telah menjadi bagian dari rangkaian festival #SampoernaUntukUMKM ini. Seluruh peserta festival memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan sehingga proses transfer knowledge juga dapat berjalan dengan baik dan optimal.

“Mereka memiliki keinginan tinggi untuk terus meng-upgrade ilmu bisnis dengan didukung pemanfaatan digital teknologi. Harapannya, ilmu yang diperoleh selama pelatihan dapat dimaksimalkan dan diaplikasikan secara riil sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas. Hal ini akan mendorong daya saing UMKM di negeri sendiri. Kami meyakini perekonomian Indonesia akan bangkit dan menjadi lebih baik ke depan dan kita bersama – sama dapat melewati masa ini dengan baik,” katanya.

Dalam acara puncak Festival #SampoernaUntukUMKM ini, selain pengumuman dua pemenang utama, para peserta terpilih serta ratusan partisipan lain dari seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengikuti bazaar, dan juga kegiatan webinar seputar bisnis dan UMKM secara online melalui saluran Youtube dan Zoom di 15 dan 16 Desember 2020.

“Sampoerna berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan usaha UMKM secara terpadu dan menyeluruh. Tidak hanya secara teori, kami juga mengajak para UMKM binaan untuk secara langsung mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama pelatihan. Tujuannya agar mereka menjadi lebih siap, lebih produktif, mandiri, dan berdaya saing melalui literasi digital serta pelatihan tepat guna.” tutup Ishak. (q cox, tama dinie)

Reply