Pemerintahan

Konsisten Kurangi Sampah Plastik, Wali Kota Risma Bagikan Daun Pisang

12
×

Konsisten Kurangi Sampah Plastik, Wali Kota Risma Bagikan Daun Pisang

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Komitmen Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam mengurangi sampah plastik benar adanya. Usai menjalankan Shalat Idul Adha dan menyerahkan hewan kurban, Ia bersama jajarannya kemudian berkeliling ke beberapa Masjid untuk membagikan daun sebagai pengganti kantong plastik.

Wali Kota Risma mengatakan, daun pisang yang dibagikan itu berjenis calathea. Sebelumnya, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu dipetik dari rumah kediaman Jalan Sedap Malam dan Taman Surya. Daun-daun itu kemudian diberikan kepada masyarakat sebagai pengganti penggunaan kantong plastik.

“Tadi saya ngumpulin daun-daun di kediaman untuk saya bagi ke warga yang memotong hewan-hewan kurban, supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut,” kata Wali Kota Risma.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M Fikser menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. Ada empat masjid yang diberi daun tersebut. Yakni, Masjid Al-Muhajirin Jalan Kanginan dan Masjid Cheng Ho Jalan Gading.

“Berikutnya Masjid Rohman Arif Jalan Karang Gayam dan terakhir Masjid An-Nur SMA Negeri 2,” kata Fikser usai membagikan daun-daun tersebut.

Ia menambahkan, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu, sekitar 12 ikat. Masing-masing ikatnya sekitar 10 kilogram. “Sehingga total daun tersebut kurang lebih 120 kilogram,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *